Prodi PAUD UPGRIP Soroti Tentang Optimalisasi Penerapan Kurikulum Merdeka

Prodi PAUD UPGRIP Soroti Tentang Optimalisasi Penerapan Kurikulum Merdeka

Palembang – Humas UPGRIP

Hadirnya Kurikulum Merdeka membawa perubahan yang cukup signifikan khususnya pada lingkup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kurikulum Merdeka memberi keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan Pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Untuk itu, guna menyambut tantangan besar bagi dunia pendidikan khususnya Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar kuliah umum “Tentang Optimalisasi Penerapan Kurikulum Merdeka PAUD”

Kuliah umum dengan menghadirkan dosen dari PG PAUD Universitas Pendidikan Indonesia Dr. Rudiyanto, S.Pd., M.Si dibuka oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR Aula Business and Science Center, Sabtu (9/12/23)

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I dan II Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M., COQaR., Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR. diwakili oleh Wakil Dekan I Hetilaniar, M.Pd., Wakl Dekan III Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Ketua Program Studi PG PAUD Melinda Puspita Sari Jaya, M.Pd., para dosen PAUD dilingkungan Universitas PGRI Palembang, para peserta dan tamu undangan lainnya.

Ketua Program Studi PG PAUD Melinda Puspita Sari Jaya, M.Pd. dalam laporannya mengatakan guna meningkatkan pengetahuan dan membuka wawasan keilmuan bagi mahasiswa, guru, akademisi dan dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang khususnya Program Studi Pendidikan Guru PAUD tentang pengembangan Kurikulum Merdeka dan mengenalkan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Palembang kepada Masyarakat khususnya praktisi PAUD maka digelarlah kuliah umum ini.

“Adapun peserta dalam kegiatan ini berjumlah lebih kurang 200 orang yang berasal dari HIMPAUDI Provinsi Sumatera Selatan, IGTK (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak) dan IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal) serta Dosen, Guru , Mahasiswa , Alumni PG PAUD dan Pemerhati PAUD,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR. dalam sambutannya mengatakan Kurikulum di Indonesia sudah mengalami perkembangan sejak periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2013 dan sampai akhirnya dikembangkan lagi menjadi Kurikulum Merdeka.

Perubahan kurikulum dari masa ke masa, baik di Indonesia maupun di negara lain, disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang cenderung berubah. Oleh karena itu, kurikulum yang baik akan sangat diharapkan dapat dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.

“Sehingga melalui kuliah umum ini memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi peserta khususnya bagi mahasiswa dan juga membantu kinerja guru PAUD,” pungkasnya.

Kalender

December 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post