UPGRIP Gelar Kuliah Umum dan Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Angkatan II 2023

UPGRIP Gelar Kuliah Umum dan Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Angkatan II 2023

Palembang – Humas UPGRIP

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Universitas PGRI Palembang menyelenggarakan kuliah umum dan orientasi bagi mahasiswa PPG Daljab Angkatan II secara daring melalui zoom meeting di ruang 406, Gedung Business and Science Center Senin, (18/9/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. Bukman Lian., M.M., M.Si., CIQaR dengan didampingi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Assoc. prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR. Turut hadir Wakil Dekan I sekaligus Koordinator PPG Hetilaniar, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Muhamad Idris, M.Pd., para dosen PPG, guru pamong, admin LMS, serta tamu undangan lainnya.

Wakil Dekan I sekaligus Koordintaor PPG Hetilaniar, M.Pd melaporkan pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan untuk memenuhi beban belajar sebanyak 12 SKS yang dilaksanakan selama kurang lebih 57 hari. Dengan rincian pendalaman materi (5 SKS) dilaksanakan selama 12 hari. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (3 SKS) dilaksanakan selama 14 hari dan Praktik Pengalaman Lapangan (4 SKS) dilaksanakan selama 31 hari.

“Untuk peserta PPG dalam jabatan Angkatan II UPGRIP tahun 2023 sebanyak 60 yang terdiri dari 2 bidang studi yakni Matematika dan Bahasa Indonesia yang berasal dari Jambi sejumlah 4 peserta, Kepulauan Bangka Belitung 2 peserta, Lampung 1 peserta, Sumatera Selatan 23 peserta (Matematika) dan 30 peserta berasal dari Sumatera Selatan dengan Bidang Studi Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Dikatakannya, para peserta akan mendapat berbagai ilmu yang disampaikan oleh narasumber pemateri. Mulai dari Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Bukman Lian., M.M., M.Si., CIQaR yang menyampaikan materi tentang “Kebijakan Pendidikan di Era Disrupsi dan Society 5.0”

Kemudian Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR tentang “Peran dan Kesiapan LPTK dalam Pengembangan Kualitas Guru dan Calon Guru Secara Berkelanjutan”. Selanjutnya Koordinator PPG Hetilaniar, M.Pd tentang “Struktur Kurikulum dan sistem Pembelajaran PPG Dalan Jabatan Angkatan II Tahun 2023, Dr. Achmad Wahidy, M.Pd tentang “Teknis Pembelajaran PPG Daljab Angkatan II Tahun 2023 dan Laili Rosita, M.Pd. “Penjelasan Teknis LMS PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Assoc. prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan memberikan pencerahan dan penguatan kembali terkait model yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah dilakukan mahasiswa pada fase-fase sebelumnya.

Dengan menunjukkan kinerja terbaik yang ditularkan kepada guru yang lain atau kepada anak didik. Menurutnya, sebagai guru yang profesional harus punya performance terbaik yang mesti ditunjukkan PPG dalam jabatan ini.
Sambungnya, Orientasi akademik Angkatan II ini dapat membekali dan memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang pengembangan profesioalisme guru.

“Tantangan menjadi guru profesional ke depan bagaimana salah satunya adalah bagaimana mengenalkan kurikulum dan sistem pembelajaran serta learning management system pada pembelajaran PPG dalam Jabatan,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. Bukman Lian., M.M., M.Si., CIQaR dalam sambutannya mengatakan di era disrubsi dan society 5.0 mahasiswa PPG di beri kesempatan untuk menjadi guru yang profesional.

“Dibawah bimbingan para dosen dan guru pamong Universitas PGRI Palembang yang profesional, mumpuni dan menginspirasi diharapkan mampu mencetak guru yang profesional, disiplin yang mampu mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini,” pungkasnya

Kalender

September 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kategori Post