Laba Bruto Tembus Rp1 Miliar, Koperasi Keluarga UPGRIP Sukses Gelar RAT

Laba Bruto Tembus Rp1 Miliar, Koperasi Keluarga UPGRIP Sukses Gelar RAT

Palembang – Humas UPGRIP

Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus melakukan berbagai lompatan. Bahkan, UPGRIP yang dikenal dengan Kampus Melaju Dengan Mutu ini juga sukses membangun koperasi. Hak ini terbukti, pada Rapat Anggota Tahunan (RAT), laba bruto Koperasi Keluarga UPGRIP tembus angka Rp 1 miliar.

Tak hanya itu, Koperasi Keluarga UPGRIP juga bertekad memberikan kontribusi besar baik terhadap kesejahteraan seluruh anggota juga terhadap lembaga yang menaungi yaitu UPGRIP. Demikian dikatakan Ketua Koperasi Keluarga UPGRIP, Mursalin di sela kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Aula Drs. Aidil Fitri Syah, Gedung Business and Science Center, Sabtu (2/3/2024).

Menurut Ketua Koperasi Mursalin, S.E., M.M. agenda RAT yang digelar ini merupakan RAT ke 18 tahun buku 2023 dengan menyajikan tata tertib dan laporan pertanggungjawaban pengurus. Selain itu ada 100 item door prize dari berbagai bentuk di antaranya emas murni dan sepeda.

Ditanya perkembangan koperasi tahun ini disebutkan Mursalin bahwa dari jumlah keanggotaan tidak banyak bertambah namun dari laba bruto yang diperoleh sangat signifikan yaitu tembus angka Rp 1 miliar lebih.

“Sesuai apa yang saya sampaikan dan imbau tadi bahwa anggota tak hanya menambah SHU namun tambah juga jumlah tabungan. Simpan uang di koperasi sehingga aktivitas koperasi bisa lebih,” katanya.

Terkait bidang usaha, disebutkan Mursalin bahwa Koperasi Keluarga UPGRIP sampai saat ini ada beberapa bidang usaha seperti simpan pinjam, minimarket dan toko ATK. Disebutkannya juga bahwa Koperasi Keluarga UPGRIP berkeinginan memperluas bidang usaha namun masih ada keterbatasan sehingga belum terwujud.

“Uang masih banyak tersedot kepada pinjaman para anggota dalam rangka mendukung mereka. Ada 418 anggota yang terdiri dari karyawan, dosen dan tenaga honor dalam keanggotaan koperasi kami. Selama ini kami sudah bisa meminjamkan anggota sampai dari angka Rp 40 juta dan jika koperasi berkembang kami berharap bisa sampai Rp 100 juta pinjaman per anggota. Itu sebabnya kami mengimbau agar mereka memperbanyak tabungan atau simpanan di koperasi. Jika dana di koperasi lebih banyak maka bisa berkontribusi juga lebih besar,” ujarnya.

Di tempat yang sama,. Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., di wakili oleh Wakil Rektor III, Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd. mengatakan pihak universitas sangat mensupport keberadaaan Koperasi Keluarga UPGRIP ini karena sampai saat ini manfaatnya sangat dirasakan para anggota yang terdiri dari para staf dan dosen serta pengelola universitas.

“Hari ini anggotanya Rapat Anggota Tahunan. Kami dari pihak Rektorat sangat mendukung karena keberadaan Koperasi Keluarga UPGRIP ini sangat mendukung para anggota dan dukung aktivitas di lembaga ini terutama dalam pemenuhan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga. Buktinya pada RAT ini seluruh anggota hadir. Ini bukti antusias para anggota. Selain karena door prize nya menarik semua,” kata Sukardi.

Lebih jauh Sukardi mengharapkan Koperasi Keluarga UPGRIP berkembang lebih lagi karena dengan dana yang ada maka pengurus bisa berkreatif lebih selain tetap fokus memperhatikan kesejahteraan dan kebutuhan para anggota.

“Saya yakin dan percaya pertumbuhan bagus sekali. Selain pengurusnya tertib dan taat aturan dalam mengelola koperasi juga karena para anggota sudah merasakan manfaatnya. Sesuai dengan imbauan Ketua Koperasi tadi untuk tingkatkan tabungan sebanyak-banyaknya. Pelaksanaan RAT ini berjalan lancar karena para anggota semuanya puas tidak ada ganjalan atau kecurigaan terhadap kepengurusan. Selain itu memang pengurusnya juga dipercaya sudah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Kalender

March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post