Fakultas Teknik UPGRIP Gelar Workshop Pelatihan Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2023/2024

Fakultas Teknik UPGRIP Gelar Workshop Pelatihan Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2023/2024

Palembang – Humas UPGRIP

Guna mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang, melaksanakan, dan menyajikan suatu karya tulis ilmiah yang sistematis dan mendalam, agar para mahasiswa mampu melakukan penelitian berkualitas, dapat menyelesaikan skripsinya dengan baik dan lulus tepat waktu, Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Workshop Pelatihan Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2023/2024 di Aula H. Aidil Fitri Syah, Gedung Business and Science Center, Selasa (12/12/23)

Acara tersebut dibuka oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd. Turut hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T., Wakil Dekan sekaligus Ketua Pelaksana Abdul Azis, S.T., M.T., Kepala Bagian Tata Usaha Sri Mulyati, ST, M.Pd., Ketua Gugus Penjamin Mutu Muhrinsyah Fatimura, ST, M.T., Ketua Program Studi Teknik Elektro Emidiana, S.T., M.T., Ketua Program Studi Teknik Sipil Ir. Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN.Eng., Ketua Program Studi Teknik Kimia Rully Masriatini, S.T., M.T., para narasumber, peserta serta tamu undangan lainnya.

Ketua Pelaksana Ir. Abdul Azis, S.T., M.T., dalam laporannya mengatakan Pelatihan penulisan skripsi adalah suatu bentuk pembelajaran atau bimbingan yang diberikan kepada mahasiswa untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan dan kemampuan dalam menulis skripsi yang dilaksanakan dengan metode hybrid.

“Kegiatan ini diikuti oleh 101 mahasiswa, terdiri dari 26 mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro, 41 mahasiswa dari Prodi Teknik Kimia, 34 mahasiswa dari Prodi Teknik Sipil. Dari 101 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, sebanyak 69 mahasiswa mengikuti secara luring dan 32 mahasiswa mengikuti secara daring,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan Penyamaan Persepsi Pembimbingan Skripsi telah dilaksanakan pada tanggal 5 desember 2023 yang diikuti oleh 27 dosen, terdiri dari 7 dosen dari Prodi Teknik Elektro, 12 dosen dari Prodi Teknik Kimia, 8 dosen dari Prodi Teknik Sipil.

Para narasumber dalam Pelatihan Penulisan Skripsi ini adalah Ir. Amiwarti, S.T., M.T memaparkan materi tentang Kebijakan Akademik Fakultas Teknik dimoderatori oleh Dr. Ian Kurniawan, M.Eng., IPM., ASEAN.Eng., Emidiana, S.T., M.T tentang Format Penulisan Skripsi yang dimoderatori oleh Dr. Ian Kurniawan, M.Eng., IPM., ASEAN.Eng., sedangkan Rully Masriatini, S.T., M.T tentang Prosedur dan Persyaratan Kegiatan Skripsi Mahasiswa, dimoderatori oleh Aan Sefentry, S. T., M. T dan Ir. Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN.Eng tentang Sitasi, Format dan Submit Jurnal dimoderatori oleh Muhrinsyah Fatimura, ST, M.T.

Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T. menyampaikan pelatihan penulisan skripsi bertujuan untuk memberikan panduan, bimbingan, dan dukungan kepada mahasiswa agar dapat memahami topik penelitian, metodologi penelitian, tujuan penelitian, metode penulisan sesuai dengan standar akademis yang telah ditetapkan. “Dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan suasana akademik yang inovatif, kreatif dan mandiri serta mutu alumni di lingkungan Fakultas Teknik,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini jika diikuti dengan serius pasti akan menambah keterampilan untuk mahasiswa dalam menempuh skripsi. “Kita manfaatkan dengan sebaik mungkin workshop ini. Sehingga mahasiswa dapat memiliki bekal dan meningkatkan produktivitas dalam menyelesaikan skripsi nantinya. Kami doakan mudah-mudahan para peserta dapat mengerjakan skripsi dengan lancar dan bisa menyelesaikan studi tepat waktu,” pungkasnya.

Kalender

December 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post