Dosen FPK UPGRIP Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting di SMAN 2 Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin

Dosen FPK UPGRIP Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting di SMAN 2 Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 2, Muara Sugihan, Banyuasin.

“kegiatan PkM ini untuk memberikan penyuluhan dan mensosialisasikan tentang stunting dan pemanfaatan produk hasil perikanan untuk mencegah stunting yang mana kegiatan ini dilaksanakan dengan metode kuliah umum dan demonstrasi dengan mengusung tema “Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Optimalisasi Konsumsi Produk Hasil Perikanan Pada Siswa SMA Negeri 2 Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

PkM ini diketuai oleh Sofian,SPi., M.Si dengan 4 anggotanya yakni Indah Anggraini Yusanti,S.Si., M.Si, Fitra Mulia Jaya,S.Pi., M.Si, Rih Laksmi Utpalasari, SP., MP dan Dr. Eng. Riya Liuhartana, S.TP., M.Si, serta di bantu oleh 2 mahasiswa aktif Muhammad Irvan Nurhadiansyah , Yonathan Paskah Tri Nugroho dan 1 alumni yaitu Naim Pramono, S.Pi.

Ketua PkM Sofian,SPi., M.Si mengatakan bahwa masalah Stunting seringkali dianggap sebagai masalah yang kecil. Padahal dampak yang ditimbulkan dari stunting merupakan akumulasi kondisi tubuh yang kekurangan gizi secara terus menerus serta indikasi awal masalasah kesehatan. Dampak lebih lanjud akibat stunting dapat menghambat perkembangan dan fungsi motorik maupun mental akibat berkuruangnya kapasitas fisik sehingga mempengaruhi tumbuh kembang dan kemampuan belajar anak usia produktif. Tingginya angka stunting sangat dipengaruhi atau berkaitan erat dengan kondisi lingkungan seperti kemiskinan, kesehatan lingkungan, pemenuhan makanan bergizi serta pola asuh orang tua.
Dalam hal pencegahan stunting melalui konsumsi makanan bernutrisi baik, komoditas hasil perikanan adalah salah satu sumber protein hewani yang cukup mudah ditemui. Selain nilai nutrisi yang cukup kompleks, harganya sangat bersahabat. Banyak ibu rumah tangga yang menjadikan ikan sebagai menu sehari-hari yang disajikan bagi keluarganya.

Melalui penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Siswa/i serta para guru yang ada di SMA Negeri 2 Muara Sugihan tentang pencegahan stunting dan pentingnya konsumsi produk-produk hasil perikanan serta manfaatnya bagi masyarakat.

Kegiatan pngabdian kepada masyarakat ini disampaikan dalam bentuk kuliah umum dan demonstrasi kepada siswa/siswi serta guru di SMA Negeri 2 Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun materi yang dipaparkan para dosen yang terlibat dalam PkM kali ini adalah Indah Anggraini Yusanti, SSi., Msi tentang “Stunting dan Cara Pencegahannya” , Sofian, SPi., Msi tentang “Keanekaragam Jenis Ikan Lokal Sumatera Selatan’, sedangkan Dr. Eng. Riya Liuhartana, S.TP., M.Si dengan tema “Diversifikasi Produk Perikanan” , Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si tentang “Pentingnya Konsumsi Ikan” serta Analisi Usaha Hasil Perikanan di bawakan oleh Rih Laksmi Utpalasari, M.Si,” Ujarnya.

Kegiataan PkM ini di barengi juga dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) . Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., diwakili oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si., dengan kepala Sekolah. SMA Negeri 2 Muara Sugihan Nurhayati, M.Pd., sedangkan naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggaini Yusanti, S.Si., M.Si., dengan kepala Sekolah SMA Negeri 2 Muara Sugihan Nurhayati, M.Pd., Sementara SPK ditandatangani oleh masing masing Ketua Program Studi Ilmu Perikanan dengan kepala Sekolah SMA Negeri 2 Muara Nurhayati, M.Pd.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si dihadapan para peserta menyampaikan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Keunggulan lain terutama di Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP. Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

“Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan matrikulasi,” jelasnya.

Sementara Kepala SMA Negeri 2 Muara Sugihan Nurhayati, M.Pd., mengucapkan terimakasih kepada tim PkM atas program penyuluhan untuk berbagi ilmu dan wawasan kepada para siswa. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi siswi/siswa dan khususnya oleh masyarakat dapat memahami, mengetahui dan mempraktekkan pengetahuan yang didapat dan lebih merasakan manfaat keberadaan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.

“Selain itu harapannya semakin banyak masyarakat secara umum maupun guru-guru yang menjadikan Universitas PGRI Palembang khususnya Fakultas Perikanan dan Kelautan sebagai salah satu lembaga pendidikan pilihan bagi anak-anaknya untuk meneruskan ke jenjang perkuliahan,” pungkasnya.

Kalender

December 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post