Tim Dosen PPs UPGRIP Berikan Pelatihan Public Speaking Bagi Guru di SMPN 11 Prabumulih

Tim Dosen PPs UPGRIP Berikan Pelatihan Public Speaking Bagi Guru di SMPN 11 Prabumulih

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim dosen Program Pascasarjana (PPs) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) tak hanya konsen dalam pengajaran dan penelitian tapi juga Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Kali ini, Tim Dosen PPs UPGRIP melaksanakan PkM di SMPN 11 Prabumulih dengan memberikan Pelatihan Public Speaking bertema “Optimalisasi Kemampuan Berbicara di depan Umum di SMP Negeri 11 Prabumulih”.

Tim PkM terdiri dari dosen-dosen Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang yang diketuai oleh Dr. Puspa Indah Utami, M.Pd. yang beranggotakan Dr. Hj. Siti Rukiyah, M.Pd., M.Pd., Dr. Yessi Fitriani,M.Pd.,CIQnR., Prof. Dr. Hj. Ratu Wardarita, M.Pd., Dr. M. Ali, M.Pd., Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd.,CIQaR. Dr. Hj. Missriani, M.Pd. serta di bantu oleh dua orang mahasiswa yakni Robbi Mansyah dan Suci Khotifah

Pada kesempatan tersebut, ketua PkM Dr. Puspa Indah Utami, M.Pd. mengatakan PkM ini dilakukan sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi Dosen Universitas PGRI Palembang LLDikti Wilayah II Palembang. Sasaran yang ingin dicapai atas pelaksanaan PkM ini adalah para dosen dapat menerapkan dan mengembangkan kemampuan akademik yang dimilikinya.

“Selain itu setelah mengikuti pelatihan ini guru- guru diharapkan mampu memiliki kemampuan berbicara yang baik agar informasi yang disampaikan kepada publiknya, dalam hal ini yang paling utama dan sering yaitu para murid, orang tua, dan masyarakat di sekitar lingkungan sekolah dapat diterima dengan baik,” ujarnya

Lanjutnya, kegiatan PkM ini melibatkan dosen-dosen Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang, Unit LPPKM Universitas PGRI Palembang, dan guru-guru di SMPN 11 Prabumulih.

Adapun rincian materi dari kegiatan PkM tersebut yaitu. Keterampilan Berbahasa; Berbicara, Peran dan Fungsi Public Speaking, Karakteristik Berbicara di depan Umum, Verbal Power, Vokal dan Sikap.

Selain menyampaikan materi dalam kegiatan PkM , dosen-dosen juga menyampaikan Sosialisasi PMB. mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan pembangunan.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan bebas uang matrikulasi.

Sementara itu, Kepala SMPN 11 Prabumulih Sri Novianti, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang yang telah menggelar PkM di sekolahnya.

“Semoga PkM dengan memberikan pelatihan Public Speaking ini mampu menambah wawasan para guru tentang kemampuan berbicara yang baik agar informasi yang disampaikan kepada publik dapat diterima dengan baik,” pungkasnya.

Kalender

October 2023
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori Post