Dosen UPGRIP Ajarkan Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21 di SMAN 16 Palembang

Dosen UPGRIP Ajarkan Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21 di SMAN 16 Palembang

Palembang – Humas UPGRIP

Pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga berdampak pada pola pembelajaran di sekolah dalam rangka mencetak peserta didik yang unggul sesuai zamannya.

Perkembangan ini tentu menuntut guru harus terus berinovasi agar pada gilirannya mampu mendidik anak dengan berbagai kreativitas. Berangkat dari hal tersebut, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri dari Dosen Prodi Pendidikan Matematika dan PPG menggelar PkM di SMA Negeri 16 Palembang dengan tema “Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21”.

Tim PkM yang di ketuai oleh Assoc. Prof. Dr. Nila Kesumawati, M.Si., yang beranggotakan 4 orang yakni Assoc. Prof. Dra. Lusiana, M.Pd., Assoc. Prof.Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR., Dr. Eka Fitri Puspa Sari., M.Pd., dan Marhamah, M.Pd., yang di bantu oleh dua mahasiswa Dina Meilani dan Fransiska Emiliandri

Ketua PkM Assoc.Prof.Dr. Nila Kesumawati, M.Si mengatakan PkM ini disusun sebagai upaya pemberian jasa pelayanan profesional dalam bidang pembelajaran, mengembangkan kompetensi Tim PkM khususnya dan secara umum untuk mewujudkan tercapainya tri darma perguruan tinggi.

Perancangan pembelajaran Inovatif Abad 21, diberikan kepada para guru MIPA di SMAN 16 Palembang. Pelaksanaan workshop ini selama empat hari mulai tanggal 26, 27, 29, dan 30 September 2023 yang diikuti oleh guru-guru MIPA SMAN 16 Palembang sebanyak 21 Orang. Metode pembelajaran dilakukan secara hybrid learning, hari pertama pertemuan secara langsung (luring), selanjutnya dilaksanakan secara daring.

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas bantuan dan kerjasama yang diberikan khususnya kepada Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR selaku Rektor Universitas PGRI
Palembang, Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., selaku Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Assoc. Prof. Dr. Rohana, M. Pd selaku Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang, dan Allen Marga Retta., M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika serta Hetilaniar, M. Pd selaku Koordinator Prodi PPG atas terlaksananya kegiatan ini,” ujarnya.

Tak lupa, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kepala Sekolah SMAN 16 Palembang Dra. Hj. Ema Nurnisya Putri, M.M. yang telah memberikan kesempatan bagi Tim PkM untuk dapat melaksanakan kegiatan PkM.

“Terima kasih juga pada guru-guru MIPA SMAN 16 Palembang yang telah mengikuti kegiatan dan bersemangat dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan terkait dengan Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21. Semoga PkM ini dapat bermanfaat bagi peserta dan kita semua,” harapnya

Sementara itu, Kepala SMAN 16 Palembang Dra. Hj. Ema Nurnisya Putri, MM juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada tim PkM Universitas PGRI Palembang yang telah memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21

“Semoga kegiatan PKM ini bisa membantu guru dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan memuaskan bagi peserta didik,” terangnya.

Pemateri dalam workshop ini sendiri berasal dari TiM PkM Universitas PGRI Palembang yakni Marhamah, M.Pd. memaparkan materi tentang Perkembangan Kurikulum dan Integrasi ICT dalam Pembelajaran, Assoc. Prof. Dr. Nila Kesumawati, M.Si. memaparkan materi tentang Pengertian Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21 dan Penerapan HOTS dalam Indikator Pencapaian Kompetensi.

Kemudian Assoc.Prof.Dr. Rohana, M.Pd memaparkan materi tentang Karakteristik Perancangan pembelajaran Inovatif Abad 21 dan Penerapan HOTS dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran, Assoc. Prof. Dra. Lusiana, M.Pd memaparkan materi tentang Perancangan pembelajaran
Inovatif Abad 21 dan Latihan Membuat Deskripsi Kegiatan Pembelajaran, dan Dr. Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd memaparkan materi tentang Latihan Pembuatan Tujuan Pembelajaran dan Penyusunan Soal Tes berbasis HOTS.

Kalender

October 2023
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori Post