Luar Biasa, FEB UPGRIP Resmikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia

Luar Biasa, FEB UPGRIP Resmikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia

Palembang – Humas UPGRIP

Sebagai wadah dalam menunjang kompetensi mahasiswa terutama bagi mahasiswa yang memiliki keinginan untuk memahami lebih dalam tentang dunia pasar modal serta sarana pelatihan belajar untuk dosen dan mahasiswa bagaimana mekanisme transaksi di Bursa Efek Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) meresmikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di Aula Drs Aidil Fitri Syah, Gedung Business and Science Center, Rabu (20/9/2023).

Peresmian tersebut dilakukan oleh Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., diwakili oleh Sekretaris BPH PB PGRI Drs. Surmana, M.M.
Selain peresmian juga dilangsungkan Seminar Pasar Modal bagi para mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR. diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR., Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Kepala Perpustakaan Sri Wahyuningsih, M.Pd., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Edduar Hendri, S.E., M.M., Wakil Dekan FEB Ninin Non Ayu Salmah, S.E., M.M., para Dekan di lngkungan UPGRIP.

Kemudian Kepala Sub Bagian Pengawasan Pasar Modal OJK KR7 Sumbagsel Herwidi Purnomo, Senior Vice President Regional Development 1 Bursa Efek Indonesia Nur Harjantie, Distribution Chanel Strategist PT. Philip Sekuritas Indonesia Fitria Novita, Kepala Kantor Perwakilan BEI Sumsel Hari Mulyono dan TIM , Sundari, Fenny, I Desvita, Agry, dan Aidil, Kabag TU Oktariansyah, S.E., M.M., Kepala Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, sekaligus Ketua GPM dan PLH Ketua Program Studi Akuntansi Hendry Saladin, S.E,. M.M, Ketua Program Studi Bisnis Digital Erdiansyah, SE., M.Si para dosen, pengelola/pegawai dilingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, para peserta dan tamu undangan lainnya.

Dekan FEB UPGRIP Edduar Hendri, S.E., M.M., mengatakan Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang merupakan bentuk Kerjasama antara Bursa Efek Indonesia, OJK, PT. Philip Sekuritas Indonesia.

“Diharapkan dapat memberi manfaat optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, maupun masyarakat luas sehingga penyebaran informasi dapat tepat sasaran” jelasnya.

Pihaknya merasa bersyukur karena dapat menyaksikan bersama-sama peresmian Galeri Investasi BEI FEB UPGRIP dengan menggandeng BEI dan PT. Philip Sekuritas Indonesia, OJK sebagai mitra kerja. Menurutnya, ini merupakan suatu kebahagiaan karena untuk pendirian Galeri Investasi membutuhkan waktu yang panjang dan galeri investasi ini telah lama dinantikan FEB dapat diresmikan.

Dikatakannya, rencana pendirian galeri investasi ini sudah dirintis 1 tahun yang lalu tahun 2022. Mulai dari tim FEB berkunjung dan beraudiensi dengan kantor Perwakilan BEI Sumsel dan mendapat sambutan yang luar biasa.

“Gayung bersambut kami saling berkunjung dan disepakati untuk diadakan kerjasama sebelum dilakukan peresmian ini dan akhirnya hari ini bisa terwujud. Dan juga dibentuk kepengurusan Galeri Investasi FEB oleh BEI yg kepengurusannya seluruhnya mahasiswa yang di koordinatori oleh Hendry Saladin, S.E., M.M. yang hari ini akan dikukuhkan kepengurusannya,” terangnya.

Tak lupa, Dekan FEB UPGRIP mengucapkan terima kasih kepada Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP, Rektor Universitas PGRI Palembang yang telah mensupport dan mendukung sehingga sampai saat ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang terus berkembang baik dari segi sarana dan fasilitas maupun jumlah mahasiswa saat ini.

Kemudian terima kasih juga kepada Mitra BEI, PT. Philip sekuritas Indonesia dan OJK KR 7 yang telah membantu terwujudnya Galeri Investasi di Kampus Universitas PGRI Palembang. Diharapkan Galeri Investasi ini bisa memberikan nilai tambah, bukan sekedar ilmu dalam perkuliahan, namun mahasiswa bisa ikut berpraktik dan merasakan bertransaksi di pasar modal.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR., mengungkapkan apresiasi atas dukungan Mitra BEI, PT. Philip sekuritas Indonesia dan OJK KR 7 dalam pendirian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia. Melihat tuntutan ke depan semakin tinggi, persaingan semakin ketat, diperlukan soft skill yang harus dipersiapkan mahasiswa yang harus sesuai dan dibutuhkan oleh dunia usaha dan industry.

“Sesuai dengan Mutu akademik Universitas PGRI Palembang Melaju dengan Mutu hal ini selaras dengan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi dan tentunya bisa mendukung MBKM berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak dan lembaga terutama bidang usaha dan industri,” Ujar Yasir

Senior Vice President Regional Development 1 Bursa Efek Indonesia Nur Harjantie menyampaikan apresiasi setinggi tingginya dan terimakasih kepada segenap sivitas akademika Universitas PGRI Palembang terkhusus Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah bekerjasama dan mendukung pasar modal

“Hal ini merupakan sarana pelatihan belajar untuk dosen dan mahasiswa bagaimana mekanisme transaksi di Bursa Efek Indonesia dan wadah warga kampus dan masyarakat mendapatkan informasi, baik secara teori maupun praktik tentang literasi keuangan di pasar modal,” terangnya.

Adanya galeri investasi dapat memberi kesempatan mempraktekkan teori di kelas pada pasar riil dan belajar berinvestasi dari usia muda, karena investasi tidak hanya teori, investor juga ada skillnya jadilah investor yang smart, paham betul mengenai resiko dan pengelolaan dan strategi investasi dan mudah mudahan sarana prasarana dapat mendukung masa depan yang lebih cerah

Sementara itu, Sekretaris BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Drs. Surmana, M.M., dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya atas kehadiran Bursa Efek Indonesia, dan mitra lainnya ini merupakan salah satu nuansa yang diberikan oleh BEI, dan mitra lainnya Menurutnya, kebijakan seperti membuat galeri investasi ini merupakan langkah yang tepat.

“Masuknya dunia industri di dalam kampus harus terus dikembangkan, agar pengembangan keilmuan dan skill dapat terus dilakukan dan berpeluang besar untuk meningkat. Dan BPH BP PGRI pada Universitas PGRI Palembang terus mendorong kepada pengelola terutama Fakultas Ekonomi dan Bisnis agar memberikan pelayanan terbaik dan berterimakasih kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah memfasilitasi dan berharap bukan hanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis melainkan Fakultas lainnya dan bisa melebar ke masyarakat,” pungkasnya.

BEBERAPA KEGIATAN DALAM PERESMIAN GALERI INVESTASI

  1. Penekanan tombol secara simbolis sebagai tanda peresmian dan juga nanti ada pengguntingan pita di ruang Galeri Investasi FEB di Gedung BSC
  2. Penyerahan Candramata/plakat oleh Bursa Efek Indonesia kepada Universitas PGRI Palembang
  3. Penyerahan Plakat oleh Universitas PGRI kepada Bursa Efek Indonesia dan PT Philip Sekuritas Indonesia
  4. Penyerahan PKS MoU Universitas PGRI Palembang dan MoA Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP
  5. Penyerahan sertifikat dari PT Phillip Sekuritas Indonesia kepada Rektor Universitas PGRI
  6. Pengukuhan pengurus Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP
  7. Dilanjutkan dengan Seminar Pasar Modal yang dihadiri oleh 200 peserta terdiri dari mahasiswa UPGRIP perwakilan dari 5 Fakultas.

Kalender

September 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kategori Post