Pembekalan KKN Mahasiswa UPGRIP Tahun Akademik 2022/2023 Walikota Prabumulih: Kualitas UPGRIP Terjaga

Pembekalan KKN Mahasiswa UPGRIP Tahun Akademik 2022/2023                      Walikota Prabumulih: Kualitas UPGRIP Terjaga

Palembang – Humas UPGRIP

Ir. H. Ridho Yahya, M.M, Walikota Prabumulih menyebutkan bahwa Universitas PGRI Palembang meskipun sebagai Perguruan Tinggi Swasta namun kualitasnya terjaga. “Saya selaku Walikota Prabumulih mempercayakan seluruh kepala sekolah dan guru di kota kami untuk melanjutkan kuliah strata dua (S2) di Universitas PGRI Palembang. Jadi kami tidak melihat apakah Perguruan Tinggi itu Negeri atau Swasta, yang penting kualitasnya terjaga dan itu sudah kami buktikan di Universitas PGRI Palembang ini,” ujar H. Ridho Yahya usai memberikan pembekalan umum mahasiswa peserta KKN di Aula Aidil Fitri Syah Lantai 5 Gedung Business and Science Center UPGRIP, Senin (3/10/2022).


Turut hadir dalam acara tersebut Ketua PGRI Provinsi Sumatera Selatan H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M., Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. dan jajaran, Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih Drs. Mulyadi Musa, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Prabumulih Ridwan, S.Pd., Kepala BAPPEDA Kota Prabumulih Ir. Abu Sohid, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., Kabiro AUPK 3 ORTALA Ramanata Disurya, S.H.m M.H., Kabiro BPAM Dr. Misdalina, M.Pd., CIQnR., Kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR. Para Dekan dilingkungan Universitas PGRI Palembang, para mahasiswa KKN, serta tamu undangan lainnya.
Di hadapan 1.399 mahasiswa UPGRIP yang akan melaksanakan KKN di 8 Kabupaten Kota di Sumsel, Ridho Yahya yang menyampaikan materi dengan tema Peran Mahasiswa dalam Membangun Daerah. Ridho menekankan kepada mahasiswa tiga hal yaitu Disiplin, Punya Data dan Inovasi. “Tiga tips itu, disiplin, punya data dan inovasi. Ada tiga pesan tips buat mahasiswa UPGRIP. Ketiganyo harus dilakukan. Disiplin, punya data konkrit dan dikerjakan dengan inovasi maka insya Allah akan berhasil,” katanya.

Sementara itu, Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian,.M.M.,M.Si.,CIQaR dalam sambutannya mengatakan Mahasiswa UPGRIP dibekali kompetensi di bangku kuliah sesuai disiplin pendidikan, juga ada ilmu-ilmu keterampilan lain. Ada 1399 mahasiswa UPGRIP yang melaksanakan KKN ini dengan formasi di antaranya mahasiswa FKIP sebanyak 1.160, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 106 orang serta dari beberapa Fakultas lain seperti Fakultas Perikanan dan Kelautan, dan Fakultas Teknik. “Sebanyak 550 mahasiswa yang hadir secara offline, selanjutnya secara online 849 orang mahasiswa. Lebih lanjut, Rektor menyampaikan bahwa Ir. H. Ridho Yahya, M.M adalah inovator yang sukses membangun daerahnya.


Menurutnya, mahasiswa yang akan melaksanakan KKN ini rencananya di 8 Kabupaten Kota seperti di Palembang, Prabumulih, Ogan Ilir, OKI, OKU, Banyuasin, Muba dan Muaraenim. Berlangsung selama 42 hari yaitu dari tanggal 12 Oktober sampai 23 Nopember 2022. Dalam minggu ini juga akan dilakukan penyerahan di 8 daerah di Sumsel,” kata Bukman.

Ketua BPH PB UPGRI Palembang, Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H.,M.H dalam sambutannya mengatakan KKN bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu didapat selama di bangku kuliah kepada masyarakat di tempat KKN. Meilia lebih lanjut berpesan kepada 1399 mahasiswa yang akan melakukan KKN, agar mengedepankan team work atau kerjasama. Jangan bekerja sendiri-sendiri karena bekerja tim adalah lebih baik. Selain itu mahasiswa diminta untuk tetap menjaga etika selama melaksanakan KKN. Perlu diingat kebanyakan masyarakat tempat KKN berpendapat bahwa mahasiswa serba bisa termasuk mengajar ngaji misalnya. Jadi mahasiswa harus memiliki modal keahlian dan keterampilan serta harus bisa menyesuaikan diri di lingkungan yang menjadi tempat KKN. Hormati orangtua di sana, tularkan ilmu-ilmu yang dipunya kepada masyarakat. Jaga nama baik sendiri, jaga nama almamater dan jaga kesehatan selama mengikuti KKN serta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes),” ujar Hj. Meilia yang sebelumnya sempat juga memperkenalkan sejarah singkat berdirinya UPGRIP.

Ketua PGRI Sumsel yang juga sebagai Pembina BPH PB PGRI UPGRIP, H. Ahmad Zulinto,S.Pd.,M.M mengatakan Pembekalan kepada mahasiswa di 8 Kabupaten/Kota dengan 5 fakultas dilaksanakan UPGRI Palembang kami ini yang diikuti sebanyak 1399 mahasiswa. “Harapan kita dalam rangka Tri Darma PT ini adalah pengabdian. Ayo kita bermimpi dan buat mimpi-mimpi supaya apa yang dilakukan di KKN bisa dibuktikan secara nyata. Buat inovasi khusus waktu KKN. Masyarakat menunggu dengan keberadaan KKN yang bermanfaat buat mereka. Kunci untuk membantu dan mengangkat ekonomi masyarakat di tempat KKN. Ide-ide khusus sehingga mahasiswa UPGRIP dapat memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat. Terkait etika dan pengetahuan secara umum sudah diberikan Fakultas selama perkuliahan, sementara ketika KKN merupakan implementasi dari apa yang didapat secara teori di bangku kuliah. Liat infrastruktur daerah dan mana yang bisa dimanfaatkan. Pesan kami lihat dan bantu semaksimal mungkin. mari mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat ditempat KKN. Kolaborasi . karya nyata ditunggu.,” kata Zulinto

Adapun materi yang disampaikan dalam pembekalan KKN “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Daerah” disampaikan oleh Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, M.M. , Etika Pelaksanaan KKN disampaikan oleh Rektor Univ. PGRI Palembang ”Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR dan Pedoman Pelaksanaan KKN dan Sistematika Penyusunan Laporan Kegiatan disampaikan oleh Kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR

1 Comment

  1. … [Trackback]

    […] There you can find 99093 additional Information on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2022/10/05/pembekalan-kkn-mahasiswa-upgrip-tahun-akademik-2022-2023-walikota-prabumulih-kualitas-upgrip-terjaga/ […]

Comments are closed.

Kalender

October 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori Post