Resmi Dilepas Rektor, 870 Mahasiswa/i Universitas PGRI Palembang Laksanakan PPL

Resmi Dilepas Rektor, 870 Mahasiswa/i Universitas PGRI Palembang Laksanakan PPL

Sebanyak 870 mahasiswa/i Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

Program PPL ini ditandai dengan penyerahan mahasiswa/i FKIP ini oleh Rektor Universitas PGRI Palembang kepada Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel, dan Diknas Kota Palembang.

Acara pelepasan ratusan mahasiswa/i FKIP ini dipusatkan di Aula H Usman Madjid Lantai 5, Gedung Perpustakaan Universitas PGRI Palembang, Sabtu (13/7/2019).

Hadir dalam acara pelepasan ini, Ketua Umum YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel yang diwakili Sekretaris Drs Djamaani Djakfar, MPd, Kepala Diknas Sumsel yang diwakili Kepala Seksi PTK SMA, Drs Kusdinawan, MSi.

Kepala Diknas Kota Palembang yang diwakili Kepala Bidang SMP, Drs H Herman Wijaya, MSi, Kepala Kanwil Kemenag Sumsel yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasyah, Hj Tati, MPd

Turut hadir para Wakil Rektor Universitas PGRI Palembang, Dekan FKIP, Dr Dessy Wardiah, MPd beserta wadek dan jajarannya, para dekan, Ketua Prodi dan pejabat lainnya di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Dalam laporannya, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, MPd menjelaskan, program PPL ini diikuti 870 mahasiswa/i dari 12 program studi (prodi).

Dua belas prodi tersebut meliputi Prodi Bahasa Inggris sebanyak 63 orang, Bahasa dan Sastra Indonesia (118 mahasiswa/i), Matematika (64), Fisika (22), Sejarah (19), Akuntansi (44), Geografi (27), Bimbingan dan Konseling (61), PAUD (66), PGSD (16), Olahraga (256), dan Prodi Sendratasik sebanyak 114 mahasiswa/i.

Dikatakan Dessy, program PPL ini digelar selama dua bulan mulai tanggal 17 Juli sampai dengan 17 September 2019.

Dikatakannya, sebanyak 870 mahasiswa/i FKIP ini akan ditempatkan di 59 sekolah dalam lingkup Diknas Sumsel, Diknas Palembang, dan Kemenag Sumsel.

Adapun rincian 59 sekolah tersebut terdiri dari 8 TK/PAUD, 2 SD, 11 SMP, 22 SMA, 13 SMK, dan 3 MA. Ratusan mahasiswa/i ini akan didampingi dosen pembimbing sebanyak 55 orang.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT sehingga kegiatan pelepasan mahasiswa/i PPL ini berjalan sesuai harapan.

Tak lupa Rektor mengucapkan terima kasih kepada Diknas Sumsel, Diknas Kota Palembang, dan Kanwil Kemenag Sumsel.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para kepsek dan jajaran. Mohon bantuan dan menitipkan/menyerahkan para mahasiswa PPL ini untuk dibimbing agar mahasiswa/i ini mendapatkan pengalaman dan pengetahuan,” kata Rektor.

Menurut Bukman, para mahasiswa/i ini berasal dari berbagai latar belakang yang tentunya mempunyai berbagai karakter. Maka dari itu, diharapkan para mahasiswa ini dapat dibantu menuju karakter guru.

Pada kesempatan itu, Bukman berharap mahasiswa/i PPL dapat membantu tugas-tugas di sekolah misalnya bagaimana cara mengisi buku induk, membuat ledger, buku mutasi, dan lain sebagainya.

“Jadi selama dua bulan para mahasiswa PPL ini diharapkan dapat menambah ‘bekal’ dan siap-siap menjadi guru,” ujarnya.

Lebih lanjut Bukman juga memberikan berbagai informasi terkini mengenai Universitas PGRI Palembang kepada para kepala sekolah, guru-guru, dan para undangan lainnya yang hadir pada saat acara penyerahan mahasiswa PPL tersebut.

Informasi mengenai fakultas, program studi, dan fasilitas yang tersedia. Informasi lainnya mengenai berbagai kemudahan untuk kuliah di program S1 maupun S2 seperti bebas uang pendaftaran, kuliah gratis untuk prodi tertentu, beasiswa terbatas, diskon uang kuliah 50% bagi guru dan anak guru, serta berbagai kemudahan lainnya.

Sedangkan Kepala Diknas Sumsel yang diwakili Kepala Seksi PTK SMA, Drs Kusdinawan, MSi mengucapkan selamat mengikuti PPL kepada seluruh mahasiswa/i dan menyampaikan informasi bahwa peluang untuk menjadi guru bagi mahasiswa/i masih terbuka lebar baik guru negeri maupun guru swasta.

Kendati demikian, Kusdinawan berharap pada mahasiswa/i peserta PPL ini nantinya dapat menjadi guru yang profesional.

Kusdinawan mengungkapkan saat ini guru untuk kompetensi tertentu masing kurang, seperti guru bimbingan konseling, guru agama, penjas, dan guru produktif (SMK).

Pada akhir sambutannya, Kusdinawan mengucapkan selamat kepada Rektor dan jajarannya dan Universitas PGRI Palembang yang tetap eksis dan semakin berkembang dan semakin dicintai masyarakat.

Kadiknas Kota Palembang yang diwakili Kepala Bidang SMP, Drs H Herman Wijaya, MSi pada kesempatan itu mengucapkan selamat aras berbagai prestasi yang diraih oleh Universitas PGRI Palembang di bawah kepemimpinan Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Herman Wijaya mengucapkan selamat atas diraihnya penghargaan sebagai perguruan tinggi (PT) terbaik di Sumsel dan terbaik kedua di Sumbagsel di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LLDikti Wilayah 2 yang meliputi Sumsel, Bangka Belitung, Lampung, dan Bengkulu.

Lebih lanjut, Herman menyatakan bahwa aplikasi dari yang didapat di kampus, Universitas dan diterapkan di sekolah.

Herman juga meminta para mahasiwa peserta PPL untuk mengikuti aturan-aturan yang ada di sekolah dan mendoakan semoga segala kegiatan selama PPL dapat dilaksanakan dengan baik serta dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak, mahasiswa itu sendiri, sekolah, dan Universitas PGRI Palembang.

Senada dikatakan Kepala Kanwil Kemenag Sumsel yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasyah, Hj Tati, MPd.

Tati mengucapkan selamat kepada Universitas PGRI Palembang dan kepada semua mahasiswa/i yang mengikuti program PPL ini.

Tati berharap kerja sama antara Universitas PGRI Palembang dengan Kemenag Sumsel dapat ditingkatkan di masa-masa mendatang. (hyd)

Kalender

Juli 2019
SSRKJSM
« Jun Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031 

Kategori Post