Implementasi MBKM, Mahasiswa UPGRIP Belajar Wirausaha Pasar Beduk Bersama LLDIKTI Wilayah II

Implementasi MBKM, Mahasiswa UPGRIP Belajar Wirausaha Pasar Beduk Bersama LLDIKTI Wilayah II

Palembang – Humas UPGRIP

Guna melakukan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) turut berpartisipasi dalam berwirausaha pada kegiatan Pasar Beduk Ramadan 1445 H yang digelar oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II.

Kegiatan ini juga digelar atas kerjasama dengan Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Bagian Timur Kementerian Keuangan.

Pembukaan Pasar Beduk ini juga dihadiri langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR didampingi oleh Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M di Rumah Kreatif Kemenkeu Satu Sumsel, Tower Dana Rakca (Mess Bea Cukai) Jalan Rajawali No.22 Kel.9 Ilir Kota Palembang, Rabu (20/3/2024)

Turut hadir Dosen Universitas PGRI Palembang sebagai dosen Pembimbing lapangan Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Assoc
Prof. Dr. Nila Kesumawati, M.Si., Kiki Aryaningrum, para mahasiswa Lean Putra, Trika Sopi Wulandari dari Program Studi Pendidikan Jasmani dan Nofa Julyanto dari Program Studi Akuntansi.

Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR mengatakan Kegiatan Pasar Bedug 2024 ini adalah sinergi Pemberdayaan UMKM dan merupakan bagian dari kegiatan implementasi Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MB-KM) di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II melalui Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Mandiri Batch 1 LLDIKTI Wilayah II Tahun 2024 yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan dibimbing oleh tiga dosen pembimbing.

“Kegiatan pasar Bedug 2024 diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Mandiri Batch 1 yang berasal dari 6 Universitas dari wilayah LLDIKTI II serta pelaku usaha mitra program MBKM tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan UMKM juga pengusaha mikro dan menengah di kota Palembang,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini lanjut Rektor, akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa Universitas PGRI Palembang peserta kegiatan UMKM Mandiri Batch 1 untuk merasakan kegiatan wirausaha dengan terjun langsung di lapangan membuka gerai penjualan aneka produk olahan makanan dan produk mitra UMKM.

Pasar Beduk ini dilaksanakan dari 14 Maret sampai 5 April 2024 diharapkan akan memberikan pengalaman praktik baik dalam mengembangkan jiwa enterpreneur mahasiswa Universitas PGRI Palembang. Ke depan kegiatan UMKM Mandiri LLDIKTI Wilayah II tahun 2025 dapat diikuti oleh lebih banyak lagi mahasiswa dan dosen Universitas PGRI Palembang.

“Dan Universitas PGRI Palembang tentu menyambut baik kegiatan ini. Karena sesuai dengan Motto kita adalah Melaju Dengan Mutu. Artinya, UPGRIP memang sudah konsen membangun mental mahasiswa yang tak hanya bermutu dalam akademik tapi juga non akademik yang didalamnya adalah berwirausaha atau semangat enterprenuer. Dan ini selaras dengan program MBKM dari Mendikbud Ristek,” pungkasnya.

Kalender

March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post