Ciptakan Guru Profesional, FKIP UPGRIP Gelar Rapat Kordinasi PLP

Ciptakan Guru Profesional, FKIP UPGRIP Gelar Rapat Kordinasi PLP

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menciptakan para guru profesional, FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai FKIP terbesar se Sumatera terus melahirkan berbagai terobosan.

Kali ini, FKIP UPGRIP menggelar Rapat Koordinasi pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) Tahun Akademik2023/2024 di Gedung Business and Science Center, Lantai 5, Selasa (19/3/2024).

Acara ini di buka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., dihadiri oleh Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., Wakil Dekan 1 Hetilaniar, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Kepala Sekolah mitra PLP dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK di kota Palembang, para dosen pembimbing, guru pamong serta tamu undangan lainnya.

Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR dalam laporannya menyampaikan bahwa Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) merupakan kegiatan pembelajaran yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa sebagai wahana penerapan teori yang sudah dipelajari di bangku kuliah.

Pelaksanaan PLP bertujuan untuk menguasai keterampilan dasar mengajar serta memahami siswa melalui perkembangan kognitif siswa, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan siswa.

“Selain itu, kegiatan ini penting guna mempersiapkan mahasiswa menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional,” ujarnya.

Lebih lanjut Dessy menambahkan bahwa peserta PLP merupakan mahasiswa FKIP yang menempuh mata kuliah prasyarat dan sudah mengikuti mikro teaching. Peserta merupakan mahasiswa semester 6 yang telah menempuh minimal 104 sks dengan kurikulum yang berlaku.

“Dari 1166 mahasiswa semester 6 yang mengikuti PLP sebanyak 660 orang, sementara 487 mengikuti program Kampus Mengajar 29 orang mengikuti PMM. Prodi yang mengikuti PLP terdiri dari 13 Program Studi,” urainya.

Sementara itu Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR, dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para Dosen Pembimbing Lapangan PLP agar bersungguh-sungguh dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta selama kegiatan PLP berlangsung.

“Terutama adalah mengarahkan para peserta PLP dalam aspek tata cara berbicara, berkomunikasi, bersikap, dan berperilaku agar memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai akhlak yang baik,” harapnya.

Rektor berharap melalui kegiatan ini para lulusan FKIP UPGRIP menjadi guru yang profesional, yang kelak akan mencetak anak bangsa melalui pendidikan di sekolah tempat mereka mengajar masing-masing.

Sehingga kegiatan ini sangatlah penting guna melatih mahasiswa sebagai calon guru dalam profesi keguruan dan profesi kependidikan lainnya agar mereka mampu mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan di era saat ini.

Kalender

March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post