UPGRIP Tegaskan Mahasiswa Pascasarjana Waspada Memilih Publikasi Jurnal

UPGRIP Tegaskan Mahasiswa Pascasarjana Waspada Memilih Publikasi Jurnal

Palembang – Humas UPGRIP

Program Pascasarjana (PPs) Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu Program Strata 2 favorite masyarakat dalam melanjutkan Pendidikan Tinggi terus melakukan berbagai terobosan menuju lulusan yang berkualitas.

Bahkan, PPs UPGRIP juga tak hanya konsen dalam pendidikan tapi juga kualitas penulisan artikel ilmiah. Berangkat dari hal tersebut, PPs UPGRIP menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang di Aula H Usman Masjid, Gedung Perpustakaan UPGRIP, Sabtu (9/3/2024).

Acara ini dibuka oleh Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP melalui Wakil Ketua Drs.H. Lukman Haris, M.Si dengan dihadiri langsung oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Bukman Lian, MM, M.Si., CIQaR. Turut hadir Direktur dan Asdir PPs, Kabag. TU, para Kaprodi PPs UPGRIP serta para mahasiswa peserta pelatihan penulisan artikel ilmiah.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM, M.Si., CIQaR mengatakan bahwa sebagaimana komitmennya UPGRIP sangat konsen dalam kualitas lulusan termasuk Program Pascasarjana. Sehingga pelatihan penulisan artikel ilmiah ini menjadi hal yang wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa.

Menurutnya, menulis artikel ilmiah dan mempublikasikan ke jurnal terakreditasi Sinta adalah suatu kewajiban mahasiswa PPs. Karena selain menjadi syarat dari Mendikbud Ristek tanpa jurnal terpublikasi maka ijazah tidak akan bisa diambil.

“Satu hal lagi yang kami pesankan kepada mahasiswa agar pandai memilih jurnal terakreditasi Sinta. Jangan sampai kita sudah LoA, tapi jurnal tidak terbit sama sekali. Oleh karena itu jangan sampai kita memilih jurnal abal-abal” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Program Pascasarjana UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR., menyampaikan bahwa Pelatihan ini merupakan agenda rutin Pascasarjana UPGRIP di setiap semester. Dan mahasiswa yang hadir adalah mahasiswa yang sudah mengikuti seminar proposal dan melanjutkan penelitian tesis.

Kegiatan ini adalah untuk membekali mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Dan salah satu output yang dihasilkan adalah mahasiswa wajib mempublikasikan jurnal minimal terakreditasi Sinta.

“Karena ini sudah menjadi syarat dari Kemendikbud Ristek bahwa mahasiswa Pascasarjana harus publikasi jurnal. Selain itu, kegiatan ini untuk membekali mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah, salah satu output mereka harus mempublikasikan dalam jurnal minimal terakreditasi Shinta,”jelasnya.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber diantaranya Dr. Nur Ahyani, M.Pd, CIQnR, Assoc. Prof. Dr. Hj. Nila Kesumawati, M.Si dan Assoc. Prof. Dr. H. Edi Harapan, M.Pd

Sementara itu, Ketua BPH PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meila Rosani, SH., MH yang diwakili oleh Drs.H. Lukman Haris, M.Si menyampaikan apresiasi pada Program PPs UPGRIP yang terus membekali mahasiswa ilmu pelatihan secara rutin. Terobosan ini tentu akan menjadi sampai mahasiswa UPGRIP yang berkompeten.

Oleh karena itu, terobosan dan lompatan UPGRIP ini direspon sebaik mungkin oleh mahasiswa dengan tidak membuang-buang waktu menggelar pelatihan ini. Apalagi pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam hal menulis artikel ilmiah.

“Untuk itu kami mengajak mahasiswa untuk bisa membuat tesis sendiri jangan sampai plagiat atau hal-hal lain yang dilarang dalam etika penulisannya. Dan kami yakin mahasiswa UPGRIP selalu menjaga integritasnya,” pungkasnya

Kalender

March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post