Dosen Prodi Pendidikan Matematika UPGRIP Beri Pelatihan Media Pembelajaran Kreatif Untuk Tenaga Pendidik Profesional Era 5.0

Dosen Prodi Pendidikan Matematika  UPGRIP Beri Pelatihan Media Pembelajaran Kreatif Untuk Tenaga Pendidik Profesional Era 5.0

Palembang – Humas UPGRIP

Pentingnya keberadaan pengembangan media pembelajaran yang kreatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, motivasi dan minat siswa menjadi lebih baik serta pemahaman materi lebih meningkat maka guru perlu untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan media pembelajaran Canva.

Berangkat dari hal tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) yang diketuai oleh Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd., CIQnR. yang beranggotakan 4 orang dosen yakni Yunika Lestaria Ningsih, S.Si, M.Pd., Tika Dwi Nopriyanti, M.Pd dan Allen Marga Retta, M.Pd., Dra. Jumroh, M.Pd., didampingi oleh Kepala LPPKM Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR., serta di bantu oleh 2 orang mahasiswa Septi Wulandari dan Berlin Inbay melakukan PkM dengan metode pelatihan media pembelajaran kreatif untuk tenaga pendidik profesional era 5.0. SMK Negeri 3 Kayuagung, Senin (20/11/23)

Kegiatan PkM ini di barengi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)., Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Agreement (IA) Universitas PGRI Palembang dengan SMK Negeri 3 Kayuagung.

Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., diwakili oleh Ketua LPPKM Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR., dengan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kayuagung Farida Aryani, M.Pd., sedangkan naskah MoA ditandatangani oleh Dekan FKIP Assoc. Prof. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR diwakili oleh Kepala BPAAM Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd., CIQnR dengan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kayuagung Farida Aryani, M.Pd. dan IA ditandatangani oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Allen Marga Retta, M.Pd. diwakili oleh Yunika Lestari Ningsih, S.Si, M.Pd. dengan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kayuagung Farida Aryani, M.Pd.

Menurut Ketua PkM Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd., CIQnR kegiatan PkM ini dilaksanakan untuk mengenalkan dan membekali guru tentang penggunaan Media Canva untuk meningkatkan kompetensi guru serta membantu guru membuat bahan presentasi, materi dalam media canva untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga setelah memperoleh kegiatan pelatihan ini, para peserta dapat membuat bahan ajar, bahan presentasi, dan materi yang lebih kreatif, menarik dan inovatif sehingga peserta didik lebih termotivasi, lebih tertarik, dan lebih antusias dalam aktivitas selama proses pembelajaran.

“Hal tersebut secara umum dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Dengan adanya modul elektronik maka proses belajar mengajar akan lebih menarik, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar, sedangkan guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah dan atraktif,” ujarnya.

Lanjutnya, dihadapan para peserta tim PkM memberikan beberapa materi yang terkait dengan upaya pembuatan modul dan modul elektronik untung menunjang proses pembelajaran yang masing- masing disajikan oleh anggota Tim Pengabdi dibantu oleh dua orang mahasiswa.

Materi tentang Pengenalan Aplikasi Canva Pendaftaran akun Canva, Install Aplikasi Canva di paparkan oleh Tika Dwi Nopriyanti,M.Pd., Praktik desain materi dengan Canva (powerpoin, animasi) dipaparkan Yunika Lestaria Ningsih, S.Si, M.Pd dan Dra. Jumroh, M.Pd., sedangkan Dra. Misdalina, M.Pd dan Allen Marga Retta, M.Pd. tentang Praktik penggunaan bagian education untuk guru dan siswa dalam Teacher and Schools.

Selain itu juga dihadapan para peserta tim PkM menyampaikan sosialisasi PMB mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan
Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan matrikulasi.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 Kayuagung Farida Aryani, M.Pd. menyampaikan rasa terimakasih kepada tim PkM yang sudah berkenan mengadakan pelatihan di SMK Negeri 3 Kayuagung, tentang pelatihan media pembelajaran kreatif untuk tenaga pendidik profesional era 5.0

“Semoga dapat memberikan kemudahan bagi siswa, karena dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran,” pungkasnya.

Kalender

December 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post