Prodi Teknik Elektro UPGRIP Gelar PkM dalam rangka meningkatkan Pemahaman Siswa SMK tentang Pemasangan Instalasi Penerangan sesuai Standar PUIL.

Prodi Teknik Elektro UPGRIP Gelar PkM dalam rangka meningkatkan Pemahaman Siswa  SMK tentang Pemasangan Instalasi Penerangan sesuai Standar PUIL.

Palembang – Humas UPGRIP

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting dan sebagai sumber daya yang utama bagi manusia, dimasa datang kebutuhan listrik akan semakin meningkat sesuai dengan perkembangan teknologi, penggunaan listrik merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan baik itu dalam sektor rumah tangga, penerangan, komunikasi, industri dan lain sebagainya.

Pada bidang kelistrikan, instalasi listrik merupakan suatu rangkaian dari peralatan listrik yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya dalam satu lingkup tenaga listrik, instalasi yang baik adalah instalasi yang aman bagi manusia, bahwa listrik juga dapat membahayakan dan berdampak negatif bagi manusia.

Maka dari itu untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat membahayakan manusia, pemasangan instalasi listrik harus sesuai dengan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL).

Berangkat dari itu, Dosen Fakultas Teknik Program Studi Elektro menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi Elektronik Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang yang diketuai oleh Nita Nurdiana,M.T. yang beranggotakan 6 orang dosen yakni Emidana, S.T, M.T., Ir. M. Saleh Al Amin, M.T., Abdul Azis, S.T, M.T., Irine Kartika F, S.T, M.T., Perawati, S.T, M.T., Yudi Irwansi, S.T, M.T., dan perwakilan LPKKM Universitas PGRI Palembang Dr. Rismansyah, S.E., M.Si, serta di bantu oleh 3 mahasiswa A.Vhalevi Khalik., Muhammad Bakrie dan Aditya Apriansyah menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMK Setianegara Sembawa dengan mengusung tema “Pemahaman Standar PUIL pada Pemasangan Instalasi Penerangan Bagi Siswa SMK”.
Kegiatan PkM ini di barengi dengan kegiatan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Tenik Universitas PGRI Palembang dengan SMK Setianegara Sembawa Banyuasin dan penandatanganan Memorandum Of Agreement (MoA) antara Program Studi Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang dan SMK Setianegara Sembawa Banyuasin.

Naskah MoA ditandatangani oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR. diwakili oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik Abdul Azis, S.T., M.T., sedangkan SMK Setianegara Sembawa Banyuasin ditandatangani oleh Kepala Sekolah Herman Sawiran, S.Pd.
Sementara Memorandum Of Agreement (MoA) ditandatangani oleh Kaprodi Teknik Elektro, Emidiana, S.T., M.T. dengan Kepala Sekolah SMK Setianegara Sembawa Banyuasin Herman Sawiran, S.Pd.

Setelah penandatanganan MoU dan MoA kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Acara dimulai dengan pemaparan Standarisasi Kelistrikan disampaikan oleh Ir.M. Saleh Al Amin, MT., Pemilihan dan Penggunaan komponen yang standar disampaikan oleh Abdul Azis,M.T., Jenis komponen dan symbol serta cara pemasangannya pada instalasi listrik. Dipaparkan oleh Nita Nurdiana,M.T
Sedangkan Yudi Irwansi,M.T memaparkan tentang Keamanan dan keselamatan penggunaan listrik, Perawati,M.T tentang Langkah Langkah dalam merencanakan sebuah instalasi rumah sederhana dan Irine Kartika Febrianti,M.T memaparkan tentang Cara Menyambung Kabel sesuai PUIL

Ketua PkM Nita Nurdiana,M.T mengatakan PkM ini memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai instalasi listrik yang sesuai standar yang ditentukan pemerintah, mampu memberikan sumbangan berupa ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat diberikan kepada masyarakat melalui bentuk kegiatan pengabdian. Pengabdian Kepada Masyarakat ini di harapkan memberikan edukasi dan solusi pemahaman tentang cara atau teknik-teknik pemasangan instalasi listrik yang baik, sehingga mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan saat memasang instalasi listrik di rumah.

Sementara itu, Herman Sawiran, S.Pd menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Universitas PGRI Palembang atas terlaksananya PKM dan nota kerjasama ini.
“Ini adalah kesempatan yang baik bagi pihak sekolah dan siswa, terima kasih pihak Universitas PGRI Palembang yang telah memilih sekolah kami dan diharapkan SMK Setianegara bisa bersinergi dengan baik dengan Universitas PGRI Palembang dalam meningkatkan pembelajaran, penelitian dan pengabdian serta siswa-siswa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dalam kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama kita semua bisa mendapatkan manfaat dan berkah,” harapnya.

Senada dengan hal tersebut Abdul Azis, S.T., M.T mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah menerima kehadiran tim Universitas PGRI Palembang. “Dengan telah ditandatangani perjanjian kerjasama ini pihak Unversitas PGRI Palembang maupun Program Studi Teknik Elektro akan siap membantu untuk memberikan pembelajaran kepada siswa untuk meningkatkan kualitas juga kompetensi guru SMK Setianegara. Universitas PGRI Palembang akan memberikan bantuan baik itu mengenai fasilitas yang ada maupun tenaga ahli yang diperlukan sesuai kesepakatan,” terangnya.

Kalender

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post

unblocked games yohoho-io.net unblocked games
error: Content is protected !!