Dosen FPK UPGRIP Ajak Siswa/i dan Guru SMKN 1 Muara Kuang Lestarikan Ikan Belida Indonesia

Dosen FPK UPGRIP Ajak Siswa/i dan Guru SMKN 1 Muara Kuang Lestarikan Ikan Belida Indonesia

Palembang – Humas UPGRIP

Konservasi jenis ikan yang merupakan upaya untuk dilindungi, dilestarikan, dan dimanfaatkan sumberdaya ikan dan untuk menjamin ketersediaan jenis ikan bagi generasi yang akan datang, maka diperlukan adanya sosialisasi praktik dan penyebaran informasi kepada masyarakat yang tinggal di kawasan perairan untuk melestarikan ikan belida di Sumatera Selatan.

Keterbatasan informasi dan keahlian yang dimiliki para pelajar dan masyarakat dalam informasi mengenai status perlindungan ikan belida di Indonesia maka tim PkM Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) yang diketuai oleh Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si. dengan anggotanya Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si Sumantriyadi, S.P, M.Si., Lia Perwita Sari S.P, M.Si., Humairani, S.Pi, M.Si., dan Santi Mayasari, M.Pd., dan di bantu dua orang mahasiswa yaitu Ahmad Irfan Nurdinata dan Muhammad Hafiz Ramadhan adakan kerjasama, penyuluhan dan sosialisasi di SMK Negeri 1 Muara Kuang, Kec. Suka Cinta, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan

Menurut Ketua PkM Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si diadakan PkM ini untuk memberikan informasi mengenai status perlindungan ikan belida di Indonesia, meningkatkan pengetahuan tentang penyebab terus menurunnya jumlah populasi ikan belida serta mengajarkan upaya budidaya ikan belida bagi siswa/i dan guru-guru di SMK Negeri 1 Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan dengan mengusung tema ” Peran Masyarakat dalam Upaya Perlindungan Ikan Belida Di Indonesia”

Selain itu, metode atau bentuk kegiatan ini Pengabdian kepada Masyarakat (PmM) adalah kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh dosen-dosen dalam bentuk menyampaikan materi dalam bentuk kuliah umum secara tatap muka terkait 6 judul materi yang telah disusun kepada siswa-siswi serta guru di SMK Negeri 1 Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Selatan.

Adapun materi yang dipaparkan adalah Jenis-jenis dan status perlindungan Ikan Belida di Indonesia yang di bawakan oleh Rahma Mulyani, S.Pi., M. Si. Sebab, Penyusutan Stok Ikan Belida di Alam oleh Humairani, S.Pi., M.Si, Pemanfaatan Ikan Belida di Indonesia oleh Sumantriyadi, S.Pi., M.Si.
Sedangkan Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si memaparkan tentang Peranan Masyarakat dalam Program Pelestarian Ikan Belida, Lia Perwita Sari, S.P., M.Si tentang Potensi Ikan Belida Secara Ekonomi dan Santi Mayasari, S.Pd., M.Pd tentang Prospek masa depan Ikan belida secara lokal dan Internasional.” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Muara Kuang Kusmantoni, M.Pd., menuturkan ucapan terima kasih atas ilmu dan wawasan yang diberikan oleh Tim Dosen FPK UPGRIP dalam proses PkM.
“Semoga dengan adanya penyuluhan dari tim PkM ini dapat bermanfaat bagi kami , para guru, siswa/siswi kami khususnya masyarakat Muara Kuang dalam mengetahui berbagai jenis-jenis ikan Belida di Indonesia, potensi dan pemanfaatan ikan Belida di Indonesia, status perlindungan serta upaya dalam melestarikan ikan belida,” pungkasnya.

Kegiataan PkM ini di barengi juga dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) . Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., diwakili oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggaini Yusanti, S.Si., M.Si., dengan kepala Sekolah SMK Negeri 1 Muara Kuang Kusmantoni, M.Pd. sedangkan naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggaini Yusanti, S.Si., M.Si., dengan kepala Sekolah SMK Negeri 1 Muara Kuang Kusmantoni, M.Pd..
Sementara SPK ditandatangani oleh masing masing Ketua Program Studi Budidaya Ikan Rahma Mulyani, S.Pi., M,Si dan Ketua Program Studi Ilmu Perikanan Sofian, S.Pi., M.Si., dengan kepala Sekolah SMK Negeri 1 Muara Kuang Kusmantoni, M.Pd.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggaini Yusanti, S.Si., M.Si dihadapan para peserta menyampaikan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.
Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.
Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.
Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan matrikulasi ,”Pungkasnya

Kalender

December 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post