Dosen FST UPGRIP Kenalkan Insektarium Sebagai Media Pembelajaran di SMAN 1 Banyuasin

Dosen FST UPGRIP Kenalkan Insektarium Sebagai Media Pembelajaran di SMAN 1 Banyuasin

Palembang – Humas UPGRIP

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi sarana penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif dan efesien. Namun dibalik itu menjadi tuntutan besar bagi para guruS untuk mengembangkan kemampuan dalam menguasai teknologi dan media pembelajaran.

Peranan media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia Pendidikan, sehingga peranan media pembelajaran berpengaruh positif dalam proses penyampaian bahan ajar, dalam hal ini dalam pelajaran Biologi.

Berdasarkan hal tersebut, Dosen-dosen Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi dibantu mahasiswa dari Prodi Biologi melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi.

PkM yang mengangkat tema Insektarium sebagai media pembelajaran dan entrepreneur dilaksanakan pada tanggal 20 November 2023 di SMA Negeri 1 Kecamatan Banyuasin II.

Dalam hal ini, materi yang disampaikan yaitu Peranan Serangga dalam Kehidupan (Dewi Novianti, S.Si., M.Kes), Pengenalan dan Klasifikasi Insekta (Dian Mutiara, M.Si), Insektarium sebagai Media Pembelajaran Biologi (Dewi Rosanti, M.Si), Teknik Pembuatan Insektarium (Trimin Kartika, S.Pd.,M.Si), Insektarium sebagai Pengendalian Hayati (Dra. Marmaini, MP) dan Undang-undang dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam sebagai Entrepreneur (Dwi Warsari, M.H).

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Agreement) antara SMA Negeri 1 Kecamatan Banyuasin II yang ditandatangani langsung oleh Kepala Sekolah Armansya, S.Pd., M.M. dan Fakultas Sains dan Tekonologi yang ditandangani oleh Dekan FST Dewi Novianti, S.Si., M.Kes, juga Perjanjian Kerja Sama dengan Program Studi Biologi yang ditandatangani oleh Ketua Program Studi Biologi Dian Mutiara.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi mewakili Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc.Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si., CIQaR menyampaikan bahwa Universitas PGRI Palembang memberikan kesempatan bagi siswa dan guru untuk bergabung dengan Universitas PGRI Palembang. Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar), beasiswa bagi guru dan anak guru untuk melanjutkan studi S1 dan S2.

“Melalui MoA dan perjanjian kerjasama ini, kita dapat berkolaborasi dalam kegiatan Pendidikan, pengajaran bahkan penelitian untuk dosen, guru dan siswa,” ujar Dewi.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Banyuasin II meyambut baik kegiatan PkM dan MoA INI. Apalagi ini menjadi ilmu dan wawasan baru bagi guru untuk mensukseskan proses belajar mengajar peserta didik.

“Kegiatan ini sangat membantu kami dalam menumbuhkan minat siswa untuk melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi, terutama dengan adanya beasiswa. Juga untuk guru-guru dalam meningkatkan kualifikasinya, dengan melanjutkan ke S2,” ujar Armansya.

Kalender

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post

unblocked games yohoho-io.net unblocked games
error: Content is protected !!