Dosen Prodi Fisika Fakultas Sainstek UPGRIP Perkenalkan Bio-Baterai dan EnergI Terbarukan dalam kegiatan PkM di SMAN 1 Tanjung Lago Banyuasin

Dosen Prodi Fisika Fakultas Sainstek UPGRIP Perkenalkan Bio-Baterai dan EnergI Terbarukan dalam kegiatan PkM di SMAN 1 Tanjung Lago Banyuasin

Palembang – Humas UPGRIP

Sebagai bentuk menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMAN 1 Tanjung Lago, Banyuasin, Kamis (16/11/2023).

PkM dengan program penyuluhan tentang suatu inovasi baru dalam dunia energi terbarukan dengan topik khusus tentang Bio-Baterai ini diikuti juga dengan berbagai kegiatan. Mulai dari Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA) dan Perjanjian Kerjasama (PKS).

PkM ini diketuai oleh Dr. Dui Yanto Rahman dengan lima anggotanya yang terdiri dari dosen dosen program Studi Fisika yakni Parmin Lumban Toruan, S.Si.,M.T, Atina, M.Si, Rahmawati, M.Pd., Joni Iswan, S.Sos., M.Si dan Dr. Rita Sulistiyowati, M.Si serta di bantu oleh dua orang mahasiswa Edi Saputra dan Rinda Sagita.

Kaprodi Fisika FST UPGRIP, Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., yang menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang terjalin antara universitas dan sekolah yang menjadi tempat PkM kemudian dilanjutkan dengan MoU, MoA dan PKS
“Penandatanganan kerjasama ini melibatkan pihak universitas, Fakultas, Prodi dan sekolah yang menandai komitmen bersama dalam mengembangkan pendidikan dan penelitian,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kaprodi Fisika FST UPGRIP, Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si juga menyampaikan beberapa keunggulan menempuh Pendidikan Tinggi di UPGRIP khususnya di Prodi Fisika FST. Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 %.

Ditambahkan lagi, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.
Dalam presentasi PkM, Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si. memaparkan langkah-langkah pembuatan bio baterai menggunakan bahan-bahan sederhana seperti garam dan sagu. Para dosen yang lainnya, seperti Atina, M.Si., dan Parmin Lumban Toruan, S.Si., M.T., memberikan informasi mendalam tentang sumber-sumber energi terbarukan. “Dengan menggagas inovasi seperti bio baterai, kami berharap dapat memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan,” ungkap Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si.

Pada PkM ini juga ditampilkan Edi Saputra, mahasiswa berbakat dari Program Studi Fisika, membagikan pengalaman berharganya dalam kegiatan studi independen di PT. Revolusi Cita Edukasi atau RevoU. Para siswa dengan penuh semangat menyimak presentasi Edi yang mengupas tentang dunia menarik data and software engineering.

Dalam presentasinya, Edi Saputra membuka jendela ke dunia RevoU, sebuah platform pendidikan daring yang menyajikan kursus-kursus unggulan di bidang teknologi dan rekayasa perangkat lunak. “Saya sangat senang bisa berbagi pengalaman ini dengan kalian semua. RevoU memberikan saya peluang unik untuk memperdalam pemahaman saya tentang data and software engineering,” ucap Edi dengan penuh semangat.

Dalam waktu yang singkat, Edi mampu menggambarkan keberagaman topik yang diperolehnya selama kegiatan studi independennya, termasuk analisis data, pengembangan perangkat lunak, dan tren terkini di dunia teknologi. Siswa-siswa SMAN 1 Tanjung Lago Banyuasin terlibat aktif dalam sesi tanya jawab, menunjukkan ketertarikan mereka terhadap perkembangan teknologi informasi.

Edi Saputra juga membagikan sejumlah proyek praktis yang telah ia jalani selama kegiatan studi independennya, memberikan gambaran langsung kepada siswa tentang bagaimana ilmu yang dipelajari di RevoU dapat diterapkan dalam proyek nyata.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan tentang data and software engineering, tetapi juga membuka kesempatan bagi siswa-siswa SMAN 1 Tanjung Lago Banyuasin untuk mempertimbangkan lebih lanjut pendidikan dan karir di bidang teknologi informasi dengan bergabung sebagai mahasiswa di Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang. Sembari menginspirasi, Edi Saputra memberikan pesan bahwa dunia teknologi memberikan peluang tak terbatas bagi siapa pun yang memiliki semangat belajar dan keinginan untuk terus berkembang.

Pada akhir acara, siswa-siswi SMAN 1 Tanjung Lago Banyuasin dapat berinteraksi langsung dengan para dosen, mengajukan pertanyaan, dan berdiskusi tentang topik energi terbarukan. Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga memicu minat siswa-siswi untuk terlibat aktif dalam riset dan inovasi di bidang fisika.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Lago Banyuasin, Bapak Surakhman, S.Pd, M.M, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran para dosen Prodi Fisika. “Dan kegiatan ini sangat penting sebagai peluang bagi siswa-siswi SMAN 1 Tanjung Lago untuk memperluas pengetahuan mereka tentang inovasi energi terbarukan, khususnya bio baterai,” pungkasnya.

Kalender

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post