Fakultas Sains & Teknologi UPGRIP Soroti Urgensi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dalam Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Fakultas Sains & Teknologi UPGRIP Soroti Urgensi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dalam Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) secara bijak demi generasi sekarang dan mendatang atau pembangunan yang berkelanjutan, Fakultas Sains da Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengadakan webinar.

Menariknya, webinar yang digelar di Gedung Business and Science Center Ruang 402, Sabtu (5/8/2023) ini mengangkat tema “Urgensi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dalam Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan”

Webinar tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, M.M., CIQaR., Wakil Reltor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Dekan Fakultas Sain dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes, Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si, Para Ketua Program Studi, Kabag TU, Para dosen, dan tamu undangan lainnya,

Ketua pelaksana Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si dalam laporanya mengatakan webinar ini bertujuan untuk mengilhami kesadaran akan perlunya pengendalian pencemaran lingkungan dan pentingnya menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap aspek kehidupan kita.

Dengan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya yaitu Dr. Aries Syafrizal, ST., M.Si (Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Pengelolaan Sampah B3, dan Limbah B3 DLHP Sumatera Selatan) dan dimoderatori kaprodi sains lingkungan Yunita Panca Putri, M. Si.

“Adapun peserta kegiatan ini adalah seluruh Dosen dan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang, Peserta umum (Alumni SMA, SMK, MA, Praktisi Lingkungan, Industri, Guru dan Dosen), Group Camaba yg dilakukan daring dan luring,” ujarnya.

Dekan Fakultas Sain dan Teknologi UPGRIP Dewi Novianti, S.Si., M.Kes dalam sambutannya mengatakan webinar ini diselenggarakan oleh Program Studi Sains Lingkungan. Dan program Studi Sains Lingkungan ini merupakan prodi sarjana strata satu, saat ini satu satunya yang ada di Sumatera Selatan. Prospek kerja lulusannya sangat luas, lulusannya dapat menekuni beberapa profesi seperti Ahli lingkungan hidup, Teknisi Konservasi Lingkungan, Konsultan Lingkungan, Aktivis, Peneliti, maupun Tenaga Pendidik.

“Dengan webinar ini akan didiskusikan pula tentang peran setiap individu, komunitas, industri, dan pemerintah dalam menjalankan komitmen untuk melindungi lingkungan. Selain itu, akan dijelaskan juga dampak positif dari upaya pengendalian pencemaran lingkungan, seperti peningkatan kualitas udara yang menyehatkan, keberlanjutan sumber daya alam, dan meningkatnya kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, M.M., CIQaR mengatakan melalui webinar ini diharapkan semua dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya pengendalian pencemaran lingkungan dan bagaimana dapat berkolaborasi bersama-sama menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

“Dan mari kita tingkatkan kesadaran, pengetahuan, dan aksi dalam melindungi lingkungan yang menjadi rumah kita, dan memberikan warisan yang baik bagi generasi mendatang,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Pengelolaan Sampah B3, dan Limbah B3 DLHP Sumatera Selatan Dr. Aries Syafrizal, ST., M.Si mengatakan webinar ini diharapkan bisa kolaborasi dalam pembuatan jurnal yang akan link ke website Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan

“Selain itu juga menjalin Kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi, Khususnya Prodi Sains Lingkungan Universitas PGRI Palembang dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Kalender

August 2023
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori Post