Gandeng FKIP UNILA, Prodi Matematika dan Fisika FKIP UPGRIP Soroti Systematic Literature Review

Gandeng FKIP UNILA, Prodi Matematika dan Fisika FKIP UPGRIP Soroti  Systematic Literature Review

Palembang – Humas UPGRIP

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) dibawah pimpinan Rektor Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dengan mottonya “Melaju Dengan Mutu” mendorong berbagai Program Studinya terus melakukan terobosan melalui berbagai inovasinya.

Kali ini, Program Studi Pendidikan Matematika dan Fisika, FKIP UPGRIP Palembang mengadakan Kuliah Umum dengan menggandeng FKIP Universitas Lampung (UNILA) dengan mengambil tema “Pelatihan Systematic Literature Review dalam Pengembangan Bahan Ajar” di Aula H. Aidil Fitri Syah Gedung Business dan Science Center UPGRIP, Jumat (23/6/2023).

Kuliah Umum ini dihadiri oleh Narasumber Prof. Dr. Drs. Sunyono, M. Si, Dekan FKIP Universitas Lampung, serta hadir juga Dr. Riswandi, M.Pd., Wakil Dekan 1 FKIP Universitas Lampung, Albet Maydiantoro, M.Pd., Wakil Dekan 2 FKIP Universitas Lampung, dan Dr. Yasir Arafat, M. M., CIQaR, (Wakil Rektor 1 Universitas PGRI Palembang), Assoc. Prof.Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR (Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang), Ketua Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika, dan masih banyak lagi tamu undangan lainnya.

Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili Wakil Rektor 1, Dr. Yasir Arafat, M. M., CIQaR mengapresiasi atas terselenggarany kegiatan ini. Apalagi kegiatan ini juga melibatkan FKIP UNILA sebagaimana kerjasama yang telah terjalin.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa; bagaimana menekankan pentingnya peningkatan keprofesionalan Dosen dan calon guru melalui peningkatan pemahaman tentang pembelajaran dan penilaian dalam membuat karya ilmiah,” ujarnya.

Selaras dengan itu, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd juga menegaskan bahwa langkah ini sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di kedua Universitas.

“Melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Dosen dan Mahasiswa, harapannya adalah tercipta sinergi yang positif dalam pengembangan pendidikan di Indonesia,” urainya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Drs. Sunyono, M. Si. menyampaikan pandangannya bahwa peningkatan kualitas FKIP Universitas Lampung dan FKIP Universitas PGRI Palembang adalah gambaran kecil dari peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia secara keseluruhan.

Dengan kerjasama ini, FKIP Universitas PGRI Palembang dan Universitas Lampung berkomitmen untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di kedua institusi.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Drs. Sunyono, M. Si. memaparkan materi yang menarik tentang “Systematic Literature Review”, yang secara umum menjelaskan peran dan tujuan kegiatan tersebut, serta manfaat dan perangkat yang dapat digunakan oleh seorang pengulas (reviewer) dalam melakukan aktivitas tersebut.

Systematic Literature Review (SLR-Tinjauan Pustaka Sistematis) adalah metode tinjauan pustaka yang sistematis untuk mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi temuan pada suatu topik penelitian guna menjawab pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Metode ini dilakukan secara sistematis mengikuti tahapan dan protokol tertentu agar terhindar dari bias dan pemahaman subyektif. Harapannya, hasil penelitian ini dapat diintegrasikan dalam pengembangan bahan ajar,” jelasnya.

Kegiatan ini dipandu dengan baik oleh Sugiarti, M.Pd., seorang Dosen dari Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Palembang, yang bertindak sebagai moderator. Acara berlangsung dengan lancar dan berakhir pukul 12.00 WIB, dengan melibatkan sekitar 300 peserta.

Kalender

June 2023
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Kategori Post