Festival Trust UPGRIP, Dorong Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa

Festival Trust UPGRIP, Dorong Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa

Palembang – Humas UPGRIP

Festival Trust menjadi ajang bergengsi Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) karena memiliki stimulus yang mampu mendorong kreativitas pelajar dan mahasiswa.

Bahkan tahun ini, Festival Trust FKIP, diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang, diikuti sekitar 763 peserta dari jenjang, SD, SMP, SMA dan Mahasiswa se-Sumatera Selatan (Sumsel) dan luar Sumsel, dibuka langsung Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M., MSi. CIQaR

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM., MSi., CIQaR diwakili Wakil Rektor II Dr Yasir Arafat, SE, M.M., CIQaR mengatakan, kegiatan lomba ada sekitar 37 mata lomba. Kemudian ada lagi kegiatan kewirausahaan kemudian ada bazar, pameran hasil karya mahasiswa prajab.

Kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah mahasiswa baru di Universitas PGRI Palembang. Kemudian, peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan, inspirasi untuk menciptakan metode pengajaran baru, atau kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang-orang berpengalaman di bidang pendidikan.

“Tak kalah penting, peningkatan motivasi belajar siswa, peningkatan prestasi akademik, atau peningkatan reputasi FKIP sebagai pusat inovasi dalam pendidikan,” urainya.

Sementara itu, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Assoc Prof Dr Dessy Wardiah MPd CIQaR mengatakan, kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan dan mengenalkan kampus biru Universitas PGRI Palembang kepada masyarakat umum baik lokal maupun Nasional.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa / mahasiswa terhadap pendidikan, memperkaya metode pengajaran yang inovatif, atau memperluas jaringan kolaborasi antara pihak internal dan eksternal FKIP. Lalu mengadakan pameran karya siswa yang berbasis mutu.

“Memfasilitasi kegiatan Gelar Karya mahasiswa PPG Prajabatan yang merupakan mata kuliah proyek kepemimpinan,”ujarnya disela acara seraya mengatakan kegiatan ini guna memberi wadah bagi para pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya

“Jadi memang kegiatannya rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya sebagai perayaan resmi untuk menggali dan berupaya untuk meningkatkan kebersamaan universitas PGRI diluar kampus supaya masyarakat lebih mengenal PGRI,”katanya

Lebih jauh dijelaskan, ada berbagai lomba dalam kegiatan ini diantaranya, lomba tari kreasi tingkat TK, lomba baca puisi, permainan tradisional , speech contest, solo vocal, olimpiade matematika, vocational Video, olimpiade geografi, poster, workshop aksara ulu dan video kesejarahan, lomba kewirausahan tingkat mahasiswa.

Selain mengenalkan Universitas PGRI kepada siswa SD hingga perguruan tinggi agar memiliki pengalaman berkompetisi dan menggali serta melihat kemampuan siswa, seberapa jauh barometer kemampuan para siswa dibidang-bidang yang mereka pilih, sebab dalam kegiatan ini dilombakan ilmu seperti fisika, matematika dan cerdas cermat.

“Itu semua menggali intelejensi, kemampuan kepercayaan dari siswa, jadi kalau mereka sering bertanding sering tampil kepercayaan diri nya meningkatkan dan melihat berbagai lawan menambah kecerdasan mereka,” pungkasnya

Kalender

June 2023
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Kategori Post