Jalin Kerja Sama, Universitas PGRI Palembang Beri Kemudahan Siswa dan Guru SMKN 1 Pagaralam Untuk Kuliah

Jalin Kerja Sama, Universitas PGRI Palembang Beri Kemudahan Siswa dan Guru SMKN 1 Pagaralam Untuk Kuliah

Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan Kepala SMKN 1 Pagaralam Haziro, SPd menandatangani berkas MoU, Senin (14/12/2020).

Palembang, humas_upgrip Universitas PGRI Palembang resmi menjalin kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan.

Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan Kepala SMKN 1 Pagaralam Kepala SMKN 1 Pagaralam Haziro, SPd, Senin (14/12/2020).

Selain digelar penandatanganan MoU, Universitas PGRI Palembang menggelar sosialisasi Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di SMKN 1 Pagaralam.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan dan kesempatan yang diberikan oleh pihak sekolah untuk menjalin kerja sama.

Tim PkM dosen Prodi Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang berfoto bersama dengan peserta kegiatan.

Yasir Arafat mengatakan, dengan ditandatanganinya MoU tersebut, SMKN 1 Pagaralam sudah menjadi bagian keluarga besar Universitas PGRI Palembang.

“Kami siap membantu siswa dan guru dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian,” ujar Yasir Arafat.

Pada kesempatan itu, Yasir Arafat menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.
Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.
Ditambahkan Yasir Arafat bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala SMKN 1 Pagaralam, Haziro, SPd.
Haziro mengaku bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar Universitas PGRI Palembang dan akan memfasilitasi siswa dan guru-guru untuk melanjutkan studi S1 dan S2 ke Universitas PGRI Palembang.

Kerja sama ini sendiri langsung diwujudkan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang.

Kegiatan PkM yang mengangkat tema ‘Implementasi Pembelajaran Kewirausahaan di Masa New Normal’ diikuti oleh guru dan siswa SMKN 1 Pagaralam.

Pemateri dalam kegiatan PkM ini terdiri dari enam orang yang berasal dari dosen Prodi Pendidikan Akuntansi dan satu orang dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Adapun ketujuh dosen itu masing-masing Chandra Kurniawan, SE, MSi dengan materi Wirausaha di Masa Pandemi, Hj Masnunah, MPd menyampaikan materi Memupuk Jiwa Kewirausahaan Siswa di New Normal, Januardi, SPd, MSi dengan materi Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal.

Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan Kepala SMKN 1 Pagaralam Kepala SMKN 1 Pagaralam Haziro, SPd menunjukan berkas MoU yang sudah ditandatangani, Senin (14/12/2020).
Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan Kepala SMKN 1 Pagaralam Kepala SMKN 1 Pagaralam Haziro, SPd menunjukan berkas MoU yang sudah ditandatangani, Senin (14/12/2020).

Neta Dian Lestari, SPd, MM dengan materi Kreatifitas dalam Pembelajaran Kewirausahaan di Masa New Normal, Diana Widhi Rachmawati, SIP, MM menyampaikan materi Perkembangan Bisnis Online di Masa Pandemi.

Nova Pratiwi, MPd, dengan materi Implementasi Project Based Learning dalam Pembelajaran Kewirausahaan dan Hendri Gunawan, MPd yang menyampaikan materi Memaksimalkan Fungsi Media Sosial Digital dalam Memasarkan Produk Kewirausahaan Lokal.

PkM dosen dan mahasiswa ini ditutup dengan pelaksanaan tes PKKMB dan disambut antusias oleh siswa yang hadir saat itu.

Kalender

December 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori Post