Tim PkM Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik

Tim PkM Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik

Peserta mengikuti pelatihan pembuatan Buku Elektronik (e-Book) dengan Aplikasi Flip Book di SMK Negeri 2 Sekayu Kabupaten Muba,

Sekayu, humas_upgrip – Perkembangan dunia pendidikan berjalan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam proses pembelajaran, pemanfaatan teknologi dan informasi yang semakin canggih ini dapat memberikan kemudahan bagi siswa, karena dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran.

Oleh karena itu, seorang pendidik harus memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi dan mengembangkan media pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang sesuai di era digital adalah buku elektronik (e-Book). E-Book dapat diartikan sebagai buku elektronik atau buku digital.

Namun demikian, masih banyak guru yang memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan komputer sebagai alat bantu dan media dalam pembelajaran. Bahkan tidak sedikit guru yang belum pernah mengembangkan buku elektronik.

Tim PkM Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar kegiatan pelatihan pembuatan Buku Elektronik (e-Book) dengan Aplikasi Flip Book.

Berangkat dari persoalan tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melakukan kegiatan pelatihan pembuatan Buku Elektronik (e-Book) dengan Aplikasi Flip Book.

Kegiatan PkM ini dilaksanakan melalui dua cara, yaitu datang langsung ke SMK Negeri 2 Sekayu (luar jaringan) dan dilanjutkan secara online sebanyak dua pertemuan melalui aplikasi zoom (dalam jaringan).

Pelatihan ini diikuti 80 peserta terdiri dari kepala sekolah, wakil kurikulum, guru, dan siswa SMK Negeri 2 Sekayu dan peserta lain secara daring (dalam jaringan) pada 27 Oktober 2020 hingga 9 November 2020.

Tim PKM Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang diketuai oleh Putri Fitriasari, MPd dengan anggota Dr Destiniar, MPd, Dr Nyiayu Fahriza Fuadiah, SSi, MPd, Dr Misdalina, MPd, Dr Rohana, SSi, MPd, dan Tika Dwi Nopriyanti, MPd M.

Turut mendampingi dalam kegiatan PkM ini dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika, Mukhlis Al Anshori dan Erva Erviana.

Di sela kegiatan PkM, dilaksanakan sosialisasi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dengan SMK Negeri 2 Sekayu.

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyerahkan cindera mata kepada Kepala SMK Negeri 2 Sekayu, M San Aprianto, SPd, MSi.

Berkas nota kesepahaman ini ditandatangani  oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMK Negeri 2 Sekayu, M San Aprianto, SPd, MSi.

Dalam paparannya, Sukardi menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 50 persen.

Sukardi menambahkan bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd, Kepala SMK Negeri 2 Sekayu, M San Aprianto, SPd, MSi, dan tim PkM serta para guru berfoto bersama.

Ditambahkan Sukardi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Putri Fitriasari MPd menjelaskan, kegiatan PkM dalam bentuk pelatihan ini bertujuan mengenalkan dan membekali guru tentang buku elektronik (e-Book) dan  membantu guru dalam mengembangkan buku elektronik (e-Book).

“Setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat membuat buku elektronik. Hal tersebut secara umum dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Dengan adanya buku elektronik maka proses belajar mengajar akan lebih menarik, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar, sedangkan guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah dan atraktif,” jelasnya.

Adapun materi dalam pelatihan ini disampaikan dalam bentuk teori dan praktek mengenai pengenalan aplikasi Flip Book oleh  Dr Destiniar, MPd dan Dr Misdalina, MPd pada 27 Oktober 2020 (luar jaringan).

Pada 2 November pelatihan secara daring dilanjutkan dengan Install Aplikasi Flip Book oleh M Mukhlis Al Anshori dan Erva Erviana, Teori dan Praktek Import file PDF/video/Image/SWF ke aplikasi oleh Dr Rohana, SSi, MPd dan Dr Nyiayu Fahriza Fuadiah, SSi, MPd.

Teori dan Praktik Publish e-Book ke berbagai format oleh Putri Fitriasari,M.Pd dan Tika Dwi Nopriyanti, MPd yang digelar pada 9 November 2020 secara daring.

Kalender

December 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori Post