Gelar PkM, Dosen UPGRIP Ajarkan Guru SMKN 1 Baturaja Tentang Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran

Gelar PkM, Dosen UPGRIP Ajarkan Guru SMKN 1 Baturaja Tentang Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran

Palembang – Humas UPGRIP

Sebagai Guru harus mampu menyusun instrumen evaluasi yang baik dan tepat agar evaluasi dapat memberikan informasi yang akurat tentang hasil belajar siswa. Pelatihan penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran bagi guru sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Berangkat dari hal tersebut tim dosen Program Studi Pendidikan Matematika yang diketuai oleh Dr. Destiniar, M.Pd yang beranggotakan 5 orang dosen yakni Dina Octaria, S.Si., M.Pd, . Anggria Septiani Mulbasari, M.Pd, Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd, Ety Septiati, S.Si., M.T dan Asnurul Isroqmi, S.T., M.Kom serta di bantu oleh dua mahasiswa Fadhilah dan Okta Pratiwi menggelar Workshop Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Bagi Guru SMK Negeri 1 Baturaja Kabupaten OKU

Dihadapan para lebih kurang 30 orang guru SMK Negeri 1 Baturaja Kabupaten OKU tim dosen memaparkan materinya. Mulai dari Dr. Destiniar, M.Pd dengan materi Pengertian evaluasi pembelajaran, Dina Octaria, S.Si., M.Pd dengan materi Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran, Anggria Septiani Mulbasari, M.Pd dengan materi Jenis-jenis instrumen evaluasi pembelajaran.

Selanjutnya, Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd. dengan materi Kriteria penilaian instrumen evaluasi pembelajaran, Ety Septiati, S.Si., M.T dengan materi Langkah-langkah penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran dan Asnurul Isroqmi, S.T, M.Kom. dengan materi Penerapan instrumen evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran.

Selain PkM, tim dosen bersosialisasi menyampaikan materi dalam kegiatan PkM , dosen-dosen juga mensosialisasikan visi misi FKIP dan Program Studi Pendidikan Matematika serta sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo Akademik untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran.

Ketua PkM Dr. Destiniar, M.Pd. mengatakan dikarenakan Kemampuan guru dalam membuat instrumen evaluasi pembelajaran masih harus dikembangkan dan memerlukan pelatihan untuk menambah wawasan mereka dalam membuat membuat instrumen evaluasi pembelajaran.

“Maka kami tim PkM adakan pelatihan penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran, dan berharap setelah memperoleh kegiatan pelatihan ini, para peserta dapat memahami tentang evaluasi pembelajaran dan dapat menyusun instrumen evaluasi pembelajaran,” ujarnya.

Dikatakan Destiniar, hal tersebut secara umum dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dengan adanya instrumen evaluasi siswa dapat mengetahui prestasinya sehingga guru dapat mengetahui kemungkinan-kemungkinan potensi yang dimiliki siswa dengan memberikan bimbingan sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didiknya.

PkM ini juga dibarengi dengan penandatanganan Implementation of Agreement (IA) antara Ketua Program Studi Pendidikan matematika diwakili oleh Dr. Destiniar, M.Pd dengan Kepala sekolah SMK Negeri 1 Baturaja Kabupaten OKU Drs. Arief Basuki, M.T.

Kepala SMK Negeri 1 Baturaja Kabupaten OKU Drs. Arief Basuki, M.T. menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim dosen Pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Palembang yang telah menggelar PkM di sekolahnya.

“Semoga dengan PkM ini guru guru di SMK Negeri 1 Baturaja dapat menyusun instrumen evaluasi pembelajaran dengan baik dan dapat bermanfaat bagi peserta didik,” pungkasnya

Kalender

October 2023
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori Post