Soroti Masalah Lingkungan, Mahasiswi FST UPGRIP Berpartisipasi di Semnas Fisika Universitas Mulawarman

Soroti Masalah Lingkungan, Mahasiswi FST UPGRIP Berpartisipasi di Semnas Fisika Universitas Mulawarman

Palembang – Humas UPGRIP

Dengan menyoroti masalah lingkungan,
Mahasiswi Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP), Syahnas Ski Pratiwi berpartisipasi dalam Seminar Nasional (Semnas) Fisika 2023 yang diadakan oleh Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman melalui platform Zoom, Sabtu, 23 September 2023.

Syahnas Ski Pratiwi mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “FABRIKASI BIO-BATTERY RAMAH LINGKUNGAN MENGGUNAKAN ELEKTROLIT PADATAN BERBAHAN SAGU SEBAGAI MATRIKS DAN NaCl/AIR PERASAN JERUK KUNCI SEBAGAI SUMBER ION.”

Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan tim dosen yang dipimpin oleh Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., yang juga merupakan Kaprodi Fisika dan didanai oleh Dana Penelitian Universitas PGRI Tahun 2023 dengan skema Penelitian Berbasis Mutu.

Topik penelitian yang diangkat oleh Syahnas Ski Pratiwi menjadi sorotan dalam seminar ini karena relevansinya dalam mengatasi masalah lingkungan. Ia berhasil menciptakan sebuah bio-battery menggunakan elektrolit padatan yang terbuat dari sagu sebagai matriksnya, dengan menggunakan NaCl/air perasan jeruk kunci sebagai sumber ion.

“Bio-battery ini tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga dapat menjadi alternatif yang berpotensi untuk mengatasi masalah kebutuhan energi di masa depan,” ujar Syahnas Ski Pratiwi.

Dikatakan Syahnas bahwa presentasi ini dihadiri oleh sejumlah ilmuwan dan peneliti fisika dari berbagai universitas di seluruh Indonesia yang ikut serta dalam seminar tersebut.

Syahnas Ski Pratiwi berhasil mengesankan para peserta dengan penelitiannya yang inovatif dan berpotensi memberikan dampak positif dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui pesan singkat lewat WA yang dikirimkan ke Kaprodi Fisika FST UPGRIP, Kepala Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman menyatakan terkesan dengan topik penelitian yang dipresentasikan oleh mahasiswi Prodi Fisika FST ini.

Dalam sesi tanya jawab, banyak peserta yang memberikan apresiasi dan pertanyaan terkait penelitian Syahnas Ski Pratiwi. Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., yang menjadi pembimbingnya, juga memberikan pujian atas prestasi mahasiswinya yang telah berhasil menunjukkan keunggulan dalam penelitian fisika.

Sementara itu dikatakan Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., Kaprodi Fisika FST UPGRIP bahwa Prestasi Syahnas Ski Pratiwi di Seminar Nasional Fisika 2023 ini menjadi bukti kemampuan dan potensi mahasiswa Universitas PGRI Palembang dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Bahkan dari penelitian ini akan menjadi langkah awal menuju pengembangan teknologi ramah lingkungan yang lebih luas dan berkelanjutan di masa depan,” pungkasnya.

Kalender

September 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kategori Post