Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Gelar Yudisium Ke-44, Rektor UPGRIP Beri Pesan Tentang Pentingnya Akhlak

Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Gelar Yudisium Ke-44, Rektor UPGRIP Beri Pesan Tentang Pentingnya Akhlak

Palembang – Humas UPGRIP

Di bawah Kepemimpinan Rektor Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus berkomitmen menciptakan lulusan yang unggul dan berkualitas sesuai dengan motto “Melaju Dengan Mutu”.
Berangkat dari hal tersebut, Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR memberikan pesan penting kepada para peserta yudisium ke- 44 dan Pelantikan Sarjana S-1 Fakultas Teknik tentang pentingnya akhlak. Pasalnya, diera globalisasi saat ini seseorang dituntut tak hanya memiliki kecerdasan tapi juga akhlak, kepribadian yang baik dan soft skill pendukung lainnya.


“Jagalah akhlak, karena dengan mempunyai akhlak yang baik kita akan dapat diterima dengan baik pula oleh masyarakat. Tinggalkan hal-hal yang tidak baik dan jagalah nama almamater. Semoga Fakultas Teknik menjadi fakultas yang semakin berkembang serta Fakultas Teknik menjadi fakultas yang disenangi, dikagumi dan dikenal oleh masyarakat. Sampaikan kepada seluruh keluarga dan sahabat untuk kuliah di Universitas PGRI Palembang,” ujar Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR saat memberikan kata sambutan di Gedung Business dan Science Center Universitas PGRI Palembang.
Yudisium Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang ke-44 dihadiri oleh Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., diwakili oleh Wakil Ketua BPH PB PGRI Drs. Djama’ani Djakfar, M.Pd., Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, ST., MT., turut hadir Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, perwakilan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Dekan Fakultas Saint dan Teknologi, perwakilan Kepala BPAAM, Ka. UPT. Perpustakaan, Ka. UPT. BSC, jajaran pimpinan di Fakultas Teknik baik Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Dosen tetap, segenap tenaga kependidikan dan mahasiswa serta tamu undangan.


Tampil sebagai lulusan terbaik Eko Prayoga dari Program Studi Teknik Elektro. Dalam sambutannya Eko Prayoga mengucapkan terima kasih kepada Rektor, Wakil Rektor, pimpinan dan pengelola di lingkungan Fakultas Teknik yang senantiasa membantu baik dalam bidang akademik, proses registrasi, bantuan di bidang organisasi kegiatan mahasiswa. “Dan tak lupa kami sampaikan rasa terima kasih kepada para dosen atas bimbingan , ilmu dan jasa yang telah di berikan kepada kami semoga segala ilmu yang telah kami terima bisa diaplikasikan dan sebarkan sehingga berguna bagi sesama. Dan berharap dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu di bidang teknologi di lingkungan kerja, masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa, sehingga Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang menjadi lebih unggul dari Fakultas Teknik yang lainnya,” pungkasnya.


Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan tentang kebijakan baru yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Permendikbud Ristek tentang skripsi bukan lagi syarat wajib lulus kuliah. Menurutnya, skripsi bukan di hapus tetapi diganti menjadi tugas akhir. Bisa berbentuk prototipe, proyek atau bentuk-bentuk lainnya, tidak hanya skripsi, tesis dan lain-lain. Tapi hal tersebut, akan di serahkan ke Perguruan Tinggi, artinya Perguruan Tinggi diberikan wewenang untuk menentukan kegiatan dan tugas akhir mahasiswa sebelum mahasiswa menamatkan kuliah S1.
“Dulu, pada tahun 90-an ada juga Perguruan Tinggi buka 3 jalur, yakni pertama cukup selesaikan mata kuliah lalu wisuda, kedua mahasiswa membuat makalah diujikan dan ketiga mahasiswa membuat skripsi. Jadi kesimpulannya kita tunggu ada tidak juklak dan juknis dari Kebijakan ini, mungkin nanti akan ada sosialisasi oleh LLDIKTI,” jelas Bukman Lian.
Dikatakannya, bahwa jika dulu tugas akhir itu Skripsi maka sekarang tidak hanya Skripsi alternatifnya. “Misal kalau punya Prototipe, punya Project, punya bentuk lainnya yang disamakan dengan bobot sama dengan Skripsi maka tidak perlu Skripsi,” sambung Bukman Lian.


Lebih lanjut, Bukman Lian mengatakan kebijakan tersebut tentunya bertujuan untuk menunjang Program Kampus Merdeka dalam melakukan inovasi, khususnya untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
“Bisa melakukan inovasi dalam menjalankan Kampus Merdeka dan berbagai project inovasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak hanya skripsi. Tidak diwajibkan bukan berarti tidak ada, tetapi alternatif itu entah itu project atau prototipe dan sebagainya,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Drs. Djama’ani Djakfar, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, agar para alumni dapat berkiprah dan membanggakan fakultas teknik di dunia luar. “Selamat kepada para yudisiawan yang sudah dilantik menjadi Sarjana Teknik, tingkatkan kualitas yang kita miliki. Jaga nama baik almamater dan teruslah belajar serta tentukan arah hidup dari sekarang karena dunia meminta kita untuk melakukan itu” terangnya.


Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, ST., M.T dalam laporannya menyampaikan pada yudisium ke- 44 dan Pelantikan Sarjana S-1 Fakultas Teknik diikuti sebanyak 43 orang, yang terdiri dari prodi teknik elektro 6 orang, prodi teknik kimia 22 orang dan prodi teknik sipil 15 orang.
“Selamat atas sarjana yang baru saja diraih. Muliakanlah orang tuamu, muliakanlah para dosenmu, teruslah belajar dan berkarya karena manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Semoga Fakultas Teknik terus bisa memberikan sumbangsih yang baik kepada masyarakat,” jelasnya.


Untuk diketahui, acara dimulai pembacaan Surat Keputusan Yudisium ke-44 oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik Abdul Azis, S.T., M.T serta pengalungan gordon kepada peserta Yudisium.
Setelah semua prosesi yudisium selesai dilaksanakan dan sesuai dengan tradisi yang dimiliki Fakultas Teknik, acara dilanjutkan dengan pemandian dan pemberian tanda tangan kepada sarjana baru sebagai simbol kenang-kenangan. Acara pemberian tanda tangan dan pemandian dimulai dari Dekan, Wakil Dekan, Para Ketua Program Studi, Kepala GPM, Kabag TU dan para dosen di lingkungan Fakultas Teknik. Acara dilaksanakan di lapangan parkir depan Gedung Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang.

Kalender

September 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kategori Post