Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UPGRIP Ajak Guru di SMPN 14 Palembang Berinovasi dalam Mengajar

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UPGRIP Ajak Guru di SMPN 14 Palembang Berinovasi dalam Mengajar

Palembang – Humas UPGRIP

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belakangan ini menuntut sektor pendidikam harus bekerja keras dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk itu, guru sebagai garda terdepan dalam keberhasilan pendidikan dituntut untuk terus berinovasi menjadi guru yang profesional.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru profesional untuk mengembangkan dirinya adalah melakukan penelitian, termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Melalui PTK, maka guru dapat melakukan inovasi pembelajaran sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di kelasnya.

Berangkat dari hal tersebut, Tim Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) melakukan Pengabdian kepada Maayarakat (PkM) di SMP Negeri 14 Palembang yang dipimpin oleh Ketua PkM Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) Dr. Darwin Effendi, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PkM Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UPGRIP Dr. Darwin Effendi, M.Pd mengatakan ada 6 Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang yang melaksanakan PkM di SMPN 14 Palembang.

Keenam dosen tersebut yakni Dr. Achmad Wahidy, M. Pd., Dr. Yenny Puspita, M.Pd., Masnunah, M.Pd., Juaidah Agustina, M.Pd. Muhammad Nasir, M.Pd., dan Riyanto, M.Pd. serta dibantu oleh alumni Sri Maryati, S.Pd., M.Pd., dan mahasiswa Maimunah dan Eni Emilia.

Masing-masing narasumber dalam workshop memaparkan materi yang berbeda beda, Pengantar
PTK dan Kajian Teoritik dipaparkan oleh Dr. Darwin Effendi. M.Pd. dan M. Nasir, M.Pd., Metodologi PTK dipaparkan oleh Juaidah Agustina, M.Pd. Dr. Yenny Puspita, M.Pd, Hasil dan Pembahasan PTK oleh Masnunah, M.Pd./ Riyanto, M.Pd., dan Abstrak Kesimpulan dan Saran dalam PTK oleh Dr. Achmad Wahidy, M.Pd

“Melalui PkM ini peserta dapat memahami bagaimana melakukan inovasi pembelajaran melalui pelaksanaan PTK sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh para guru di SMPN 14 Palembang,” harapnya.

Salah satu narasumber Dr. Achmad Wahidy, M.Pd mengatakan kegiatan pelatihan PTK bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap inovasi pembelajaran melalui pelaksanaan PTK. Sararan atau target akhirnya adalah bahwa peserta mampu membuat rancangan/proposal PTK dan melaksanakannya untuk melakukan inovasi pembelajaran di kelasnya.

“Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pelaksanaan kegiatan penyuluhan PTK ini dapat memberikan wawasan atau pemahaman peserta terhadap PTK,” jelasnya.

Dikatakannya, hal ini dapat dilihat dari kegiatan diskusi dan tanya jawab seputar PTK. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memotivasi guru sebagai peserta penyuluhan untuk melakukan inovasi pembelajaran melalui kegiatan PTK. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam kegiatan mengidentifikasi masalah-masalah kelas yang dihadapi dan mencari kemungkinan penyebab dan solusinya.

Sementara itu, Kepala SMPN 14 Palembang Yuswanti, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengatakan sangat apresiasi dan berterimakasih terhadap tim PkM Pendidikan Bahasa Indonesia UPGRIP yang meluangkan waktunya bisa berbagi ilmu dengan guru-guru di SMPN 14 Palembang.

“Dan melalui kegiatan ini kami berharap para guru di SMPN 14 Palembang bertambah wawasan dan motivasi untuk melakukan penulisan karya ilmiah melalui PTK dan gagi sekolah, dapat meningkatkan kualias dan mutu pendidikan melalui PTK,” harapnya.

Kalender

July 2023
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori Post