Terus Lakukan Terobosan, FKIP UPGRIP Gelar Workshop Pendampingan Pengajuan Akreditasi Jurnal dan Indexing SINTA

Terus Lakukan Terobosan, FKIP UPGRIP Gelar Workshop Pendampingan Pengajuan Akreditasi Jurnal dan Indexing SINTA

Palembang – Humas UPGRIP

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus melakukan berbagai terobosan dalam amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kali ini, dibidang penelitian guna mendorong jurnal ilmiah yang belum terakreditasi dan meningkatkan mutu pengelolaan jurnal yang dikelola Prodi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPGRIP maka digelar
Workshop Pendampingan Pengajuan Akreditasi Jurnal dan Indexing SINTA.

Workshop yang dilaksanakan secara luring bertempat di ruangan 406 Gedung Science Center Universitas PGRI Palembang pada tanggal 17-19 April 2023 ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR.

Turut hadir Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR, Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR diwakili oleh Wakil Dekan I Hetilaniar, M.Pd., Ketua GPM FKIP Maharani Octavia, M.Sc., narasumber dalam workshop dosen Universitas PGRI Palembang Yunika Lestaria Ningsih, S.Si., M. Pd dan Aswadi Jaya, M. Pd., para dosen dilingkungan FKIP serta tamu undangan lainnya.

Wakil Dekan I Hetilaniar, M.Pd., dalam laporannya mengatakan workshop ini diadakan dalam membantu persiapan akreditasi jurnal yang ada di lingkungan FKIP UPGRIP serta Program Studi dalam melakukan pendampingan meningkatkan kualifikasi akreditasi jurnalnya serta memberikan strategi dalam mempersiapkan dan melaksanakan akreditasi jurnal terutama persiapan fisik dan dokumen.

“Kegiatan ini diikuti terdiri dari 25 Peserta, 1 Kaprodi yakni satu Kepala Laboratorium dan dua Pengelola jurnal setiap Program studi , Adapun Program studi yang jurnalanya belum terakreditasi, yaitu; Pendidikan Fisika (Jurnal Luminos), Pendidikan Bahasa Indonesia (Jurnal Parataksis), Pendidikan PGSD (Jurnal Scholastika), Pendidikan Jasmani (Jurnal Jolma), , dan 1 Prodi Yang belum ada jurnal yaitu Program Studi PVTO,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Hal ini sejalan dengan komitmen UPGRIP dengan Tagline UPGRIP Melaju Dengan Mutu. Baik mutu pendidikan, pengabdian kepada masyarakat maupun penelitian sebagaimana amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dan workshop ini sangat besar manfaat bagi dunia pendidikan. Universitas PGRI Palembang mensuport para pengelola jurnal dengan kegiatan ini, dengan pemateri yang mumpuni,” ujarnya.

Ia berpesan agar Workshop selama tiga hari ini dimanfaatkan secara maksimal sehingga pada gilirannya akan menambah kompetensi terutama dalam hal publikasi sesuai dengan perkembangan di era 5.0.

Apalagi kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten seperti Aswadi Jaya, M. Pd dengan materi tentang Paparan dan diskusi Pengenalan Akreditasi Jurnal dan Yunika Lestaria Ningsih, S.Si., M. Pd dengan materi tentang Manajemen dan Tata Kelola Jurnal
“Saya berharap target 2023 semua jurnal harus sudah semua terakreditasi dan ada peningkatan jurnal terakreditasi scopus,” pungkasnya.

Kalender

April 2023
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Kategori Post