1.212 Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Ikuti PPL

1.212 Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Ikuti PPL

Palembang, – Sebanyak 1.212 mahasiswa-mahasiswi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Mahasiswa dan mahasiswi yang ikut PPL ini diserahterimakan oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Disdik Kota Palembang, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (24/7/2020).

Hadir dalam serah terima yang digelar secara virtual itu Ketua PGRI Sumsel sekaligus Kepala Disdik Palembang H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP- PT PGRI , Hj Melia Rosani, SH, MH, Kepala Bidang SMA Disdik Sumsel, H Bonny Syafrian, SE, MM, dan Dekan FKIP PGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, MPd.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengatakan, PPL ini bisa memberikan solusi bagi pemerintah dalam mengatasi kekurangan guru, terutama di masa pandemi Covid-19.
Ketua YPLP- PT PGRI, Hj Melia Rosani, SH, MH.

Bukman mengatakan, mahasiswa dan mahasiswi FKIP Universitas PGRI Palembang yang ikut PPL tahun akademik 2020-2021 bisa memberikan pembelajaran daring kepada sekolah mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK.

Dikatakan Rektor, ada 1.212 mahasiswa yang akan mengikuti PPL di tiga wilayah tersebut terdiri dari Kota Palembang ada 581 mahasiswa yang akan disebar di TK/Paud, SD, SMP.

Kemudian di Disdik Sumsel ada 591 mahasiswa akan mengajar SMA/SMK. “Khusus Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Pangkal Pinang ada 40 mahasiswa disebar ke SD/SMP.

Selama masa pandemi, menurut Rektor, PPL tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelum mulai dari penyerahan sampai dengan pelaksanaan dilakukan secara daring, dengan mematuhi SOP protokol kesehatan.

“Mahasiswa nantinya akan PPL sesuai protokol kesehatan bahkan untuk kegiatan praktek mengikuti dan menyesuaikan kondisi di sekolah tersebut. Artinya akan dilakukan secara daring tapi mahasiswa tetap berada di sekolah tersebut,” katanya.
Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Ditambahkan Bukman, Universitas PGRI Palembang sejak pertengahan maret lalu telah melaksanakan pembelajaran secara daring karena Covid-19.
Mgid
Herbal Glucoactive
Pelajar Indonesia temukan cara pulihkan diabetes secara permanen!
Pelajari Lebih→

Kendati demikian, tambah Rektor, semua proses perkuliahan berjalan baik dan semua program berjalan secara lancar.

“Termasuk PPL yang dilaksanakan selama dua bulan mulai 25 Juli sampai 25 September 2020, tetap dijalankan sesuai standar,” jelas Rektor lagi.

Ketua YPLP- PT PGRI, Hj Melia Rosani, SH, MH berharap mahasiswa yang akan mengikuti PPL menjaga kesehatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga nama baik almamater.

Selain itu mahasiswa harus bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu dengan sebaik mungkin.
Baca Juga : Guru, Kepsek, dan Pengurus PGRI Muara Telang Antusias Ikuti Sosialisasi PMB Universitas PGRI Palembang

“Kami titipkan para mahasiswa-mahasiswi kepada bapak ibu. Mohon bimbingan, arahan sehingga mereka semua bisa memberikan kontribusi yang cerdas dan berkarakter bagi peserta didik di tempat mereka PPL,” harap Melia Rosani.

Melia mengatakan, PPL di tahun ini memang berbeda. Namun, pihaknya yakin ini dapat berjalan lancar dan semua mahasiswa dapat mengikuti dengan baik.

“Kita yakin para mahasiswa bisa melakukannya dengan baik, sebab sebelumnya telah dibekali ilmu dari Universitas PGRI Palembang untuk dapat diterapkan di lokasi PPL,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMA Disdik Sumsel, H Bonny Syafrian. SE, MM dalam sambutannya menyambut baik PPL ini.
Suasana serah terima mahasiswa dan mahasiswi FKIP Universitas PGRI Palembang yang mengikuti PPL secara virtual.

“Kita sangat menyambut baik dengan harapan para mahasiswa PPL bisa berkontribusi dengan ilmu yang dimiliki membantu pihak sekolah membimbing para siswa apalagi di masa pandemi Covid-19. Di mana KBM dilakukan secara daring. Meski begitu para guru tetap berada di sekolah untuk memberikan tugas kepada para siswa,” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua PGRI Sumsel sekaligus Kadisdik Kota Palembang H Ahmad Zulinto, SPd, MM berharap melalui PPL ini dapat menjadi stimulus untuk pembelajaran daring.

Ahmad Zulinto berharap peran mahasiswa dan mahasiswi dalam membantu pihak sekolah dalam hal pengajaran maupun kegiatan lainnya.

“Tetap memperhatikan dalam hal pendidikan misalnya Cognitif, keaktifan, dan semangat belajar,” harap Ahmad Zulinto. (rel)

Kalender

July 2020
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Kategori Post