Gelar Wisuda, UPGRIP Sampaikan Enam Program Menuju Kampus Mendunia

Gelar Wisuda, UPGRIP Sampaikan Enam Program Menuju Kampus Mendunia

Palembang – Humas UPGRIP

Dibawah kepemimpinan Rektor Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si. Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus melakukan berbagai lompatan. Bahkan, kampus dengan motto “Melaju Dengan Mutu” ini telah mendesain enam program unggulan menuju kampus yang mendunia pada 2027 yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si. pada momen Wisuda yang diikuti sebanyak 1.159 dari Magister Program Strata 2 (S-2) ke-37, Sarjana Strata 1 (S-1) ke-63 dan Diploma 3 (D-3) ke-23 UPGRIP di Ballroom Hotel Wyndham Palembang, Sabtu (19/10/2024).

Menurutnya seiring dengan terus bertambahnya Mahasiswa Baru di UPGRIP menjadi bukti bahwa kepercayaan masyarakat terhadap UPGRIP semakin meningkat. Sehingga enam program unggulan menuju Kampus mendunia menjadi tantangan UPGRIP, yang diharapkan oleh masyarakat.

“Pertama adalah menjadi Perguruan Tinggi yang Excellent. Jadi suatu Perguruan Tinggi Excellent itu tentu Perguruan Tinggi yang didapatkan oleh masyarakat, diharapkan oleh Pemerintah dan didambakan oleh dunia usaha dan dunia industri. Karena outputnya bisa dimanfaatkan langsung oleh para pengguna dari mahasiswa yang dihasilkan,” ujarnya.

Kedua, bagaimana UPGRIP mampu menyiapkan sarana prasarana yang sesuai dengan masanya. Saat ini, UPGRIP sudah memiliki sarana prasana yang banyak dan cukup. Tapi apakah sarana prasarana itu sudah sesuai dengan masanya? Karena masa 5 tahun yang lalu tentu berbeda dengan masa 5 tahun yang akan datang.

Ketiga, bagaimana kampus UPGRIP yang dikenal dengan “Cyber University” harus terus didukung sarana peningkatan IT. Sehingga untuk menjadi kampus yang mendunia harus memenuhi sarana prasarana IT-nya juga harus mendunia.

Keempat, UPGRIP akan meningkatkan dari sisi mutu dosen. Ke depan untuk menuju Kampus Mendunia 2027, UPGRIP akan menjadikan 58 persen dosen itu sudah Strata 3 (S-3). Dan saat ini UPGRIP sudah melakukan berbagai percepatan.

Kelima, adalah bagaimana UPGRIP terus meningkatkan proses pembelajaran yang terus didukung semua aspek. Baik SDM Dosen dan sarana prasarana sehingga ke depan, masyarakat jangan hanya berharap dapat ijazah saja, tapi ilmu yang benar-benar bermanfaat untuk masuk ke Dunia Usaha dan Dunia Industri.

“Dan terakhir, bagaimana kita mensejahterakan, terutama civitas akademika. Mudah-mudahan tujuan kita menjadikan UPGRIP sebagai kampus mendunia 2027 dapat tercapai dan semoga para wisudawan siap menghadapi tantangan dan sukses dalam karirnya masing-masing,” urainya.

Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, MH memberikan apresiasi kepada UPGRIP yang kini terus eksis dalam peran Tridharma Perguruan Tinggi. Apalagi jumlah mahasiswa yang kini terus meningkat. BPH PB PGRI pada UPGRIP juga terus memberikan dukungan dan support kepada UPGRIP yang luar biasa ini dalam melakukan berbagai terobosan,” terangnya.

Ketua Provinsi PGRI Sumsel Dr. H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM sangat merespon perkembangan UPGRIP yang kini semakin maju, termasuk juga dukungan dari BPH PB pada UPGRIP. Dan PGRI Sumsel dalam rangka mendukung program akan selalu mensupport dengan meningkatkan berbagai fasilitas dan sarana prasarana.

“Dari dosennya sampai semua yang dibutuhkan kita harus penuhi. Kenapa ini kita lakukan? Karena kondisi Pendidikan Tinggi itu adalah pendidikan yang bersaing,” jelasnya.

Beliau berharap bahwa UPGRIP dengan mottonya “Melaju Dengan Mutu” ini mampu melahirkan para Sarjana yang mampu berpikir kritis. Sarjana yang punya intelegensi yang tinggi, kompetensi yang baik dan mumpuni sehingga para Ahli Madya, Sarjana dan Magister baru ini bisa memgabdi dan berkarya dimanapun.

Pada kesempatan ini, Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc menyampaikan ucapan Selamat kepada UPGRIP dan Wisudawan/wisudawati. Tak lupa, beliau juga mengapresiasi Rektor beserta jajaran UPGRIP dengan berbagai prestasi. Terkhusus jumlah mahasiswa yang terus meningkat dan terus mempertahankan mutu Perguruan Tinggi.

“Kami berharap ini menjadi contoh bagi Perguruan Tinggi lain, bagaimana UPGRIP ini yang terus mempertahankan kualitas Perguruan Tinggi dan jumlah mahasiswanya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd mengucapkan Selamat kepada UPGRIP atas berbagai capaian dan prestasinya. Apalagi saat ini UPGRIP telah mempersiapkan pembukaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dalam menjawab tantangan yang diinginkan oleh masyarakat.

“Selamat UPGRIP atas wisudanya. Kami berharap UPGRIP jadi barometer dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan. Dimana saat ini, tidak ada lagi perbedaan negeri dan swasta, karena saat ini adalah kualitasnya,” pungkasnya.

Kalender

October 2024
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori Post