Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Lakukan Pelatihan Pewara di SMAN 1 Abab Pali

Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Lakukan Pelatihan Pewara di SMAN 1 Abab Pali

Palembang – Humas UPGRIP

Sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi, sebanyak 8 (delapan) Dosen Pendidikan Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Pewara atau Master of Ceremony (MC) bagi siswa SMAN 1 Abab Pali, Rabu (9/10/2024).

Mengusung tema “Pelatihan Pewara Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa SMA Negeri 1 Abab Pali”. Tim PkM ini diketuai oleh Masnunah, M.Pd. beranggota 7 orang Dosen yakni Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., Dr. Achmad Wahidy, M.Pd., Hetilaniar, M.Pd., Juaidah Agustina, M.Pd., Dr. Yenny Puspita, M.Pd., Dr. Darwin Effendi, M.Pd., M. Nasir, M.Pd., Riyanto, M.Pd serta dibantu 2 mahasiswa Chandra Wardana dan Vega Restulillah.

Menurut Masnunah, M.Pd, Ketua Pelaksana PkM bahwa pelaksanaan PkM ini berupa Pelatihan Pewara dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMA Negeri 1 Abab Pali. Peserta diharapkan mampu memandu acara pada kegiatan di sekolah. Sasaran yang dituju pada kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini yaitu peserta didik di SMA Negeri 1 Abab Pali.

“Sehingga diharapkan nantinya siswa mampu memahami konsep dasar terkait kepewaraan. Bagi sekolah, melalui kegiatan dapat membekali dan meningkatkan kemampuan atau potensi diri peserta atau siswa. Sedangkan bagi Dosen, mereka dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Masnunah didalam kegiatan ini juga di lakukan berbagai macam pemaparan materi diantaranya Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd.,CIQaR dan Masnunah, M.Pd memaparkan materi tentang Definisi pewara, manfaat dan tujuan pewara, Dr. Achmad Wahidy, M.Pd tentang Tugas MC, Hetilaniar, M.Pd. dan Juaidah Agustina, M.Pd memaparkan materi tentang Syarat menjadi MC.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Yenny Puspita, M.Pd. dan Dr. Darwin Effendi, M.Pd. memaparkan materi tentang Teknik menjadi MC, Muhammad Nasir, M.Pd tentang Tips umum menjadi MC yang baik dan Riyanto, M.Pd. dengan materi Etika MC. Setelah paparan dilakukan praktik oleh tim PkM.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UPGRIP Dr. Achmad Wahidy, M.Pd menyatakan bahwa pelatihan pewara ini merupakan langkah penting dalam membekali siswa dengan keterampilan berbicara di depan umum, kemampuan berkomunikasi yang efektif, serta kepercayaan diri. Keterampilan ini sangat dibutuhkan, tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja di masa yang akan datang.

“Semoga pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan keterampilan siswa dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Semoga para siswa/siswi semua dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Kepala SMA Negeri 1 Abab PALI Abdul Rahman, S.Pd., M.M. mengucapkan terima kasih kepada para tim PkM yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi semuanya, terkhusus para siswa siswi. Melalui kegiatan ini semoga semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Kalender

October 2024
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori Post