UPGRIP Lakukan kolaborasi dengan Council For The Art and School For The Contemporary Arts, Simon Fraser University, Canada (SCA – SFU CANADA)

UPGRIP Lakukan kolaborasi dengan Council For The Art and School For The Contemporary Arts, Simon Fraser University, Canada (SCA – SFU CANADA)

Palembang – Humas UPGRIP

Dibawah kepemimpinan Rektor Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si. Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus melakukan lompatan sejak lima tahun terakhir. Bahkan, kampus dengan Tagline ‘Melaju Dengan Mutu’ ini terus melakukan kerjasama baik skala Regional, Nasional maupun Internasional.

Kampus yang juga dikenal dengan “Cyber University” ini menggelar Kuliah Umum sekaligus kolaborasi dengan Dewan Seni Canada dan Pengajar Sekolah Seni Kontemporer Universitas Simon Fraser Kanada dengan mengusung tema “WORLD MUSIC CULTURE; “Building a friendship across continents with music” Indonesian – Canada. (BUDAYA MUSIK DUNIA; “Membangun persahabatan lintas benua dengan musik” Indonesia – Kanada) di Gedung Business and Science Center, Lantai 5, Aula H. Aidil Fitri Syah, Kamis (26/9/2024).

Kegiatan ini di buka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., Dekan FKIP Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd., Plh. Wakil Dekan I Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Muhammad Idris, M.Pd., Kabag Humas, Promosi dan Kerjasama, Ketua Program Seni Pertunjukan Dr. (Cand) A Heriyanto, S.Pd., M.Sn., Dewan Seni Canada dan Pengajar Sekolah Seni Kontemporer Universitas Simon Fraser Kanada sekaligus narasumber yakni Dr. Sutrisno Hartana, MA., Mr. Roman Nicholas Dubrulle, MA. dan Anis Wiji Astuti, S.Sn., para dosen/staf, mahasiswa, mahasiswi dilingkungan Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, serta tamu undangan lainnya.

Dekan FKIP Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd. dalam laporannya mengatakan Kunjungan dan Kuliah Umum oleh Dr. Sutrisno Hartono, MA, Mr. Roman Nicholas Dubrulle, MA, Anis Wiji Astuti, S.Sn dari Dewan Seni Canada dan Pengajar Sekolah Seni Kontemporer Universitas Simon Fraser Kanada di FKIP UPGRIP ini termasuk dalam agenda rangkaian tour dibeberapa Kampus Seni terpilih (ISBI Bandung, ISI Jogjakarta, dan salah satunya Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP UPGRIP) dengan harapan terjalin kerjasama untuk berkolaborasi membuat produksi seni pertunjukan. Dan, nantinya hasil produksi seni pertunjukan tersebut dapat membawa dosen atau mahasiswa UPGRIP tampil bersama dalam panggung Nasional maupun International.

Selain itu, Kunjungan dan Kuliah Umum ini sebagai wadah sharing pengalaman khususnya tentang program belajar mengajar di bidang musik dan seni pertunjukan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai penjajakan kerjasama antara UPGRIP dengan School for The Contemporary Arts, Simon Fraser University, Canada (Sekolah Seni Kontemporer, Universitas Simon Fraser, Kanada).

“Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan FKIP Universitas PGRI Palembang dapat menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai lembaga Nasional dan International yang terkemuka,” ujarnya.

Selanjutnya, kegiatan ini juga sebagai sarana sharing pengalaman bagi Dosen, Tamu, dan Mahasiswa dalam program belajar mengajar di Bidang Musik dan Seni Pertunjukan melalui kolaborasi dan eksplorasi budaya musik dunia” Indonesia – Kanada.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Universitas PGRI Palembang dan terima kasih kepada Canada Council For The Art (Dewan Seni Canada) and School For The Contemporary Arts, Simon Fraser University, Canada (Sekolah Seni Kontemporer, Universitas Simon Fraser Kanada Dr. Sutrisno Hartana, MA., Mr. Roman Nicholas Dubrulle, MA. Anis Wiji Astuti, S.Sn.

“Hari ini, kita akan mendengarkan pandangan dari para ahli dan praktisi musik yang akan membagikan pengalaman mereka tentang bagaimana musik dapat menjadi jembatan untuk membangun persahabatan dan kolaborasi lintas benua. Saya berharap kita semua dapat mengambil manfaat dan inspirasi dari diskusi ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks akademis maupun sosial,” ujarnya.

Rektor menerangkan bahwa kedepan Universitas PGRI Palembang dapat melakukan kolaborasi terutama dalam pertunjukan, penelitian dan juga pertukaran pelajar terutama dalam bidang seni, dan kami akan sangat terbuka berkolaborasi dengan Dewan Seni Kanada

Kami mengajak Dewan Seni Kanada untuk terus berkolaborasi dengan Universitas PGRI Palembang, kerja sama dan ingin memperluas kerja sama dan kami akan sangat terbuka jika Universitas Simon Fraser, Kanada membangun kolaborasi dengan Universitas PGRI Palembang,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Dr. Sutrisno Hartana, MA menyampaikan materi Musik, sebagai bentuk ekspresi seni, bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga alat yang sangat efektif dalam menjembatani perbedaan budaya. Di Kanada, pihaknya sangat menghargai keberagaman dan keterbukaan dalam seni. Hal ini tercermin dalam banyaknya kolaborasi antara seniman dari berbagai belahan dunia. Dengan mengajak seniman Indonesia untuk terlibat, kita tidak hanya belajar tentang tradisi dan nilai-nilai yang berbeda, tetapi juga menciptakan peluang untuk kolaborasi yang memperkaya kedua belah pihak.

“Melalui Kuliah Umum ini, saya berharap kita dapat berdiskusi tentang bagaimana musik dapat menjadi jembatan yang menghubungkan kita, membangun persahabatan, dan memperkuat ikatan antarbudaya. Saya juga ingin mengajak kita semua untuk berpikir tentang bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi dan platform digital untuk memperluas jangkauan musik kita, baik di Indonesia maupun di Kanada,” pungkasnya.

Kegiatan kolaborasi antara FKIP UPGRIP dengan Council For The Art and School For The Contemporary Arts, Simon Fraser University, Canada (SCA – SFU CANADA) mendapat tanggapan yang positif dan antusiasme yang tinggi dari para dosen dan mahasiswa FKIP UPGRIP khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan. Para mahasiswa antusias bertanya dan berdialog dalam kegiatan ini. Salah satu mahasiswa bernama Winda Wulandari mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan semester 3 yang pernah menampilkan senjang di Istana Negara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan merasa puas dan senang dengan kolaborasi ini dan suatu saat ingin belajar musik lebih lanjut di Kanada.

Kalender

September 2024
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post