Prodi Pendidikan Matematika UPGRIP Gelar Kuliah Umum Tentang Integrasi Teknologi

Prodi Pendidikan Matematika UPGRIP Gelar Kuliah Umum Tentang Integrasi Teknologi

Palembang – Humas UPGRIP

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) telah menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika: Pendekatan Psikologis Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa” di Aula Ali Latief, Lantai 3 Gedung C, Kamis (19/9/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., di wakili oleh Wakil Rektor I, Assoc. Prof. Dr.Dessy Wardiah, M.Pd, Dekan FKIP, Assoc Prof.Dra. Misdalina., M.Pd., Wakil Dekan III FKIP, Dr. Muhammad Idris., M.Pd, Para ketua program studi dilingkungan FKIP, para dosen dan mahasiswa program studi pendidikan matematika, dengan narasumber kuliah umum dari Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si.

Ketua Program Studi Pendiidkan Matematika Allen Marga Retta, M.Pd. dalam laporannya mengatakan kegiatan kuliah umum ini bertujuan adalah memberikan wawasan mendalam kepada para dosen dan mahasiswa mengenai pentingnya mengeksplorasi bagaimana teknologi bisa diintegrasikan dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan pendekatan psikologis untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik, oleh karena itu pada kesempatan ini kami mengundang narasumber pada hari ini Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si. yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau saat ini sedang berkolaborasi melakukan penelitian bersama dosen kita Assoc. Prof. Dr. HJ. Nila Kesumawati, M.Si sehingga kita manfaatkan waktunya untuk dapat menjadi narasumber pada kuliah umum hari ini.

Sebagaimana kita tahu bahwasanya kita saat ini berada di era digital, perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran matematika, teknologi membuka banyak peluang baru untuk membuat proses pembelajaran lebih efektif dan menarik. Namun, kita juga dihadapkan pada tantangan besar, yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi secara optimal dan memperhatikan faktor psikologis peserta didik agar mereka lebih terlibat dan bersemangat dalam mempelajari matematika.
Oleh karena itu, kegiatan kuliah umum ini menjadi sarana yang sangat penting bagi kita semua untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika, dengan pendekatan yang memperhatikan aspek-aspek psikologis peserta didik.
Dengan kegiatan ini kami berharap kita semua dapat memperoleh wawasan baru yang berguna dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di masa mendatang

Wakil Rektor I, Assoc. Prof. Dr.Dessy Wardiah, M.Pd. dalam sambutannya kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan ini sangat relevan dan menarik, yaitu “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika: Pendekatan Psikologis untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa.” Tema ini sangat penting di era digital saat ini, di mana teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

“Matematika sering kali dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Namun, dengan pendekatan yang tepat, kita dapat mengubah pandangan tersebut. Integrasi teknologi dalam pembelajaran bukan hanya tentang menggunakan alat-alat canggih, tetapi juga tentang memahami bagaimana teknologi dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa secara psikologis. Pendekatan ini membuka peluang bagi kita untuk merancang metode pengajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa dalam kuliah umum ini, mahasiswa akan mendalami berbagai strategi dan inovasi yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar matematika. Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini, mahasiswa semua dapat memperoleh wawasan baru yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran di UPGRIP.

Tak lupa Ia mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka. Semoga kuliah umum ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk terus berinovasi dalam dunia pendidikan. “Selamat mengikuti kuliah umum. Semoga kita semua mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan ini,” ucapnya.

Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si dalam materinya menjelaskan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Beliau juga membahas tentang pendekatan psikologis yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika.

“Sebelum menjadi pakar, siapapun pasti melalui tahap menjadi pemula. Tidak ada langkah ke seribu, tanpa langkah pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran matematika barangkali memang tidak terlalu mudah, jadi wajar ada kendala/masalah tapi pasti tidak terlalu sukar, sampai-sampai tidak bisa dilakukan! Karena itu untuk berhasil mencapai tujuan, kuncinya adalah jangan mudah menyerah,” terangnya.

Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang telah sukses membuka wawasan baru bagi mahasiswa tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan psikologis untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

Kalender

September 2024
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post