Fakultas Saintek UPGRIP Soroti Perkembangan Artificial Intelligence

Fakultas Saintek UPGRIP Soroti Perkembangan Artificial Intelligence

Palembang – Humas UPGRIP

Guna membuka wawasan tentang perkembangan Artificial Intelligence saat ini, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar kuliah umum bertajuk “Mahasiswa Cerdas dan Tanggap Digital, Adopsi Artificial Intelligence di Bidang Sains dan Teknologi” di Aula Usman Madjid, Lantai 5, Gedung Perpustakaan, Kamis (19/9/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua BPH PB PGRI Pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., didampingi oleh Wakil Sekretaris BPH PB PGRI pada UPGRIP Drs. M. Room., Sm., Hk. Turut hadir dalam acara tersebut Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., diwakili oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Wakil Rektor IV Dr. Ramanata Disurya, S.H., M.H., Dekan Fakultas Saintek Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., Wakil Dekan Sainstek Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si., Kabag TU Kurniawati, S.Ip., M.Pd., Ka. Subag Kemahasiswaan, Akademik dan Kerjasama Joni Iswan, S.Sos., M.Si., Ketua Program Studi Biologi Dian Mutiara, M.Si., Ka. Lab Biologi Trimin Kartika, S.Pd., M.Si., Ketua Program Studi Fisika Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., Ka. Lab Fisika Atina, M.Si., Ketua Program Studi Sains Lingkungan Yunita Panca Putri, M.Si., dan Ka. Lab Dr. Wahyu Saputra, M.Si., serta tamu undangan lainnya.

Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si selaku Ketua Panitia melaporkan kegiatan ini adalah program kerja Fakultas Sains dan Teknologi dan profil serta kompetensi lulusan yang ingin di capai oleh Fakultas Saintek. Kegiatan ini diikuti oleh 174 Mahasiswa dari 2 Progam Studi yakni Fisika dan Biologi. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan Mahasiswa/i di bidang digital khususnya adopsi Artificial Intelligence di bidang Sains dan Teknologi. serta kompetensi lulusan yang ingin di capai oleh Fakultas Sain dan Teknologi.

“Kuliah umum menghadirkan narasumber seorang Dosen Juara terbaik 1 Kategori 2 Pembelajaran Digital Belmawa Dikti Tahun 2023 sekaligus Sekretaris Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Bengkulu yaitu Bapak Dr. Eko Risdianto, S.Si., M.Cs,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Saintek UPGRIP Dewi Novianti, S.Si., M.Kes menyampaikan bahwa di era digital saat ini, kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, khususnya Artificial Intelligence (AI), telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berinteraksi. AI bukan hanya sebuah tren, tetapi telah menjadi bagian integral dari berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang Sains dan Teknologi.

“Dan Saya percaya, sebagai mahasiswa memiliki potensi yang luar biasa untuk memanfaatkan teknologi ini. Melalui acara ini, Saya berharap mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman tentang AI dan bagaimana penerapannya dalam riset dan inovasi. Selain itu, kita juga perlu menyadari tanggung jawab dalam penggunaan teknologi ini, agar dampak yang ditimbulkan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi kita semua. Selamat mengikuti acara, dan semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat membawa dampak positif di masa depan,” terangnya.

Wakil Rektor IV UPGRIP Dr. Ramanata Disurya, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan Kuliah Umum ini membahas salah satu topik paling menarik dan relevan di era modern saat ini yaitu tentang Artificial Intelligence (AI) dalam bidang Sains dan Teknologi.

Menurutnya, AI telah mengubah cara berinteraksi dengan data dan informasi. Dalam bidang Sains, AI membantu para peneliti untuk menganalisis data dalam jumlah besar dengan kecepatan dan akurasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Oleh karena itu, mari kita manfaatkan momen ini untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan menggali wawasan baru. Keterlibatan aktif kalian dalam kegiatan seperti ini adalah langkah awal menuju pengembangan diri dan kontribusi nyata dalam masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BPH PB PGRI Pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bukan hanya tentang mengikuti tren, tetapi juga tentang memberikan solusi nyata bagi masyarakat. Dengan kolaborasi seperti ini, kita dapat menciptakan inovasi yang lebih baik untuk kemajuan. Ia berharap bahwa kuliah umum ini dapat membuka wawasan mahasiswa tentang potensi luar biasa yang ditawarkan oleh Artificial Intelligence (AI).

“Mari kita bersama-sama mengeksplorasi cara-cara inovatif untuk memanfaatkan teknologi ini demi kemajuan di bidang Sains dan Teknologi bukan hanya dalam masyarakat tetapi juga bermanfaat bagi Fakultas Sains dan Teknologi itu sendiri. Tak lupa kami mengucapkan rasa terima kasih atas kerjasama dan kerja kerasnya sehingga terselenggaranya kuliah umum ini. Kami juga sampaikan terima kasih kepada para panitia yang telah bekerja keras untuk kegiatan ini dan telah menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten. Semoga bermanfaat bagi kita semua,” terangnya.

Kalender

September 2024
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post