Terjun ke DUDI, Mahasiswa UPGRIP Penerima P2MW Kemdikbud Ristek Lakukan Kunjungan Industri

Terjun ke DUDI, Mahasiswa UPGRIP Penerima P2MW Kemdikbud Ristek Lakukan Kunjungan Industri

Palembang – Humas UPGRIP

Guna mencetak para calon pengusaha yang tak hanya pandai secara teori, namun juga memiliki pengalaman lapangan yang luas Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengajak para mahasiswa penerima Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Kemdikbud Ristek RI 2024 melakukan kunjungan industri ke PT Zafa Mulia Mandiri Palembang pada Selasa (30/07/2024).

Para Mahasiswa yang terdiri dari 5 tim tersebut berjumlah 25 orang dibimbing oleh 4 orang Dosen Pembimbing yaitu Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd, CIQnR, M. Toyib, M.Pd, Dr. Nurkardina Novalia, SE, M.Si, Ir. Aan Sefentry, ST, MT dan Sofian, S.Pi, M.Si.

Penanggungjawab P2MW Tahun 2024 di Universitas PGRI Palembang Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax, QBE, C.PE mengatakan bahwa kunjungan industri ini dimaksudkan untuk mengenalkan langsung Dunia Usaha Dunia Industry (DUDI) kepada para mahasiswa penerima hibah P2MW.

“Wirausaha mahasiswa tidak hanya mendapatkan pembekalan secara teori in door tentang bisnis, namun diperlukan melihat langsung di lapangan agar mendapat pengetahuan dan pengalaman yang utuh” jelasnya.

Selain melakukan kunjungan langsung, mahasiswa wirausaha juga mendapat pembekalan berupa pelatihan digital marketing. Pelatihan ini dilaksanakan di Meeting Room Lantai 2 PT Zafa Mulia Mandiri dengan nara sumber Arif Suprastiyo, SE (Bagian Marketing dan Kemitraan PT Zafa Mulia Mandiri.

Alumnus FE Unsri ini menyampaikan bahwa digital marketing merupakan aktivitas marketing atau promosi melalui platform Internet dan Kanal Digital. Contoh penggunaan iklan online, media sosial, email marketing, optimisasi mesin pencari (SEO), dan pemasaran konten.

“Kenapa harus digital? Antara lain perilaku konsumen yang berubah, perubahan dunia serba digital dan keniscayaan akan perubahan” ujar owner Localawash Laundry ini.

Sebelumnya, rombongan Mahasiswa dan Dosen Universitas PGRI Palembang ini menghadiri undangan pelatihan dan workshop kewirausahaan dari Universitas IGM Palembang. Kegiatan kolaborasi sesama penerima P2MW ini dilaksanakan di ruang theater Lantai 5 Gedung C Universitas IGM Palembang.

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber Zahruddin Hodsay, S.Pd., MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax, QBE, C.PE (Ketua Pusat Inkubator Bisnis UPGRIP, Wirausaha Zafa Tour, LM EOA dan HPAI/HNI) dengan materi manajemen keuangan dan administrasi bisnis dan Rizka Yuriantika, S.Sn (Marketing Support PUSRI) dengan materi Desain Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk.

Anisa Amalia yang merupakan salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, FKIP UPGRIP mengucapkan terima kasih atas pelatihan program P2MW Kemdikbud Ristek RI yang memberikan wawasan yang sangat luas tentang bagaimana perkembangan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) saat ini.

Menurutnya, dengan memahami banyak wawasan tentang perkembangan dunia usaha dan dunia Industri maka akan memperkecil resiko. “Sehingga kita dapat membaca peluang, bagaimana perkembangan DUDI yang diinginkan oleh pangsa pasar,” urainya.

Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada UPGRIP yang turut memfasilitasi dirinya dan rekan dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di program P2MW Kemdikbud Ristek RI 2024.

Kalender

August 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post