Prodi Pendidikan Geografi Adakan Penyesuaian Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar

Prodi Pendidikan Geografi Adakan Penyesuaian Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar

Palembang – Humas UPGRIP

Guna meningkatkan kualitas pendidikan dan menyesuaikan kebutuhan dunia kerja maka Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengadakan perumusan Kurikulum baru berbasis Merdeka Belajar bersama para pakar, Gedung C Aula Ali Latief Lantai 3, Kamis (1/8/2024)

Dalam kegiatan ini UPGRIP mendatangkan narasumber yang pakar Kurikulum Pendidikan Geografi yakni Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. Deasy Arisanty, S.Si., M.Sc. Guru Besar Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si.

Acara ini di buka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., diwakili oleh Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M., CIQaR., didampingi oleh Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan III FKIP Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Ketua pelaksana Dr. Sukmaniar, S.Pd., M.Si., para Ketua Program Studi , dosen di lingkungan FKIP UPGRIP, serta tamu undangan lainnya.

Ketua pelaksana Dr. Sukmaniar, S.Pd., M.Si. dalam laporannya mengatakan kegiatan hari ini merupakan serangkaian acara pada redesign kurikulum yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2024 yang lalu, dimana UPGRIP telah mengundang narasumber yaitu Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si dari Universitas Negeri Malang dan Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si. dari Universitas Negeri Surabaya.

“Kegiatan ini dihadiri oleh 2 pakar Kurikulum Pendidikan Geografi, para pimpinan Universitas PGRI Palembang dan 10 dosen pendidikan Geografi yakni Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. Deasy Arisanty, S.Si., M.Sc. Guru Besar Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si,” ujarnya.

Lanjutnya, berkat dorongan serta bimbingan pimpinan Universitas PGRI Palembang, kegiatan Program Studi Pendidikan Geografi ini diperoleh dari keberhasilan Program Studi dalam meraih hibah PKKM dari Kemendikbud dan Alhamdulillah dengan komitmen yang tinggi dari Universitas PGRI Palembang yang mendukung serangkaian kegiatan ini memberikan bantuan dana, hal ini patut kami syukuri sebagai nikmat kami dalam berdedikasi di dunia Pendidikan.

Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR. dalam sambutannya mengatakan kegiatan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang telah dicapai dan juga mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki di masa mendatang.

“Dan Perumusan Kurikulum ini akan membawa dampak positif bagi mahasiswa dan kualitas pendidikan di Universitas PGRI Palembang khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu sendiri dan untuk terus berkolaborasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M., CIQaR mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga dengan adanya acara ini dapat memperkuat kompetensi lulusan dalam bidang Pendidikan Geografi dan meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi.

“Dan tak kalah penting dapat mengetahui langkah-langkah strategis yang akan diambil untuk menyusun dan mengimplementasikan kurikulum baru dalam penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif, serta integrasi teknologi dan sumber belajar digital dalam proses pembelajaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini di barengi dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Implementation of Agreement (IA) antara Universitas PGRI Palembang dengan Universitas Negeri Semarang dan Universitas Lambung Mangkurat

Naskah perjanjian kerjasama ditandatangani oleh Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR. dengan Dekan Universitas Lambung Mangkurat Dekan FKIP Univeristas Lambung MangkurProf. Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes., AIFO diwakili oleh Prof. Dr. Deasy Arisanty, S.Si., M.Sc.

Sedangakan Implementation of Agreement (IA) ditandatangani oleh Ketua Program Studi Pendidikan Geografi Budi Utomo, M.Sc. dengan Ketua Program Studi Pendidikan Geografi S1 Dr. Karunia Puji Hastuti, M.Pd.diwakili oleh Prof. Dr. Deasy Arisanty, S.Si., M.Sc.

Kalender

August 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post