Tingkatkan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah, Magister Pendidikan Jasmani UPGRIP Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah, Magister Pendidikan Jasmani UPGRIP Gelar Pelatihan

Palembang – Humas UPGRIP

Guna meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah, Magister Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Karya Ilmiah secara hybrid (online dan offline) di Aula Ali Latif, Gedung C lantai 3, Sabtu (5/10/2024).

Acara ini dihadiri oleh Ketua BPH PB PGRI Pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., diwakili oleh Wakil BPH PB Drs. H. Lukman Haris, M.Si., didampingi oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., diwakili oleh Wakil Rektor I Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd.

Turut hadir dalam acara tersebut Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Misdalina, M.Pd., Plh. Wakil Dekan I Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Ketua Program Studi Magister Pendidikan Jasmani FKIP Dr. Widya Handayani, M.Si, para Dosen dilingkungan Magister Pendidikan Jasmani, peserta dan tamu undangan lainnya.

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Jasmani FKIP sekaligus Ketua pelaksana Dr. Widya Handayani, M.Si mengatakan kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Angkatan ke 3 berjumlah 47 orang dan dilaksanakan secara Hybrid, yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jakarta, Bangka Belitung, Lampung, dan Sumatera Selatan

Ia menambahkan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan meningkatkan kemampuan mahasiswa mengungkapkan ide/gagasannya dalam bentuk karya tulis serta membantu mahasiswa memenuhi tugas yang diberikan sebagai persyaratan dalam studi.

Para nara sumberi dalam kegiatan ini adalah para Dosen Magister Pendidikan Jasmani FKIP UPGRIP yakni Dr. Widya Handayani, M.Si. Dr. Jujur Gunawan Manullang, M.Pd. Dr. Putri Cicilia Kristina, M.Pd. dan Dr. Siti Ayu Risma Putri, M.Pd.

“Pelatihan ini juga diharapkan agar dapat memberikan strategi kepada mahasiswa sekaligus meningkatkan pengetahuan dalam menulis karya ilmiah yang baik bagi mahasiswa di Program Studi Magister Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang,” urainya

Sementara itu Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Misdalina, M.Pd mengatakan beberapa manfaat penulisan artikel ilmiah diantaranya dapat melatih pengembangan keterampilan membaca yang efektif dan intelektual.

Selain itu, dalam pelatihan ini juga diberikan sejumlah tips dalam membuat karya tulis ilmiah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih topik artikel ilmiah dan menentukan judul yang menarik.

“Untuk memperkaya tulisan, disarankan agar penulis memperbanyak membaca referensi serta mengikuti pedoman penulisan artikel—manuskrip. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk berkolaborasi dalam penulisan dan menghindari plagiarisme” , ujarnya.

Wakil Rektor I Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. menuturkan, pelatihan penulisan karya ilmiah adalah sebagai wadah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan tulisan ilmiah sehingga mahasiswa memiliki bekal untuk menulis karya ilmiah.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, mengembangkan karya baru, dan pada akhirnya dapat dipublikasi ke jurnal agar dapat dibaca masyarakat,” ungkapnya.

Wakil BPH PB Drs. H. Lukman Haris, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengungkapkan rasa terima kasih dari BPH PB serta sangat mendukung kegiatan pelatihan penulisan artikel ini dalam rangka membantu mahasiswa dalam proses percepatan studi mereka. Selain untuk meningkatkan pengetahuan juga meningkatkan kualitas karya ilmah.

“Sekali lagi kita sangat apresiasi terhadap diselenggarakannya kegiatan ini. Ini bagian dari upaya FKIP UPGRI Palembang dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya terutama di jenjang Strata Dua,” pungkasnya.

Kalender

October 2024
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori Post