Tingkatkan Skill Mahasiswa, Pascasarjana UPGRIP Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Tingkatkan Skill Mahasiswa, Pascasarjana UPGRIP Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Palembang – Humas UPGRIP

Guna mendorong peningkatan skill penelitian dan para mahasiswa lulus tepat waktu, Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di Aula H Aidil Fitri Syah, Gedung Business and Science Center, Lantai 5, dilaksanakan secara daring (online) dan luring (offline) dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor II Assoc Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M. dengan ditandai pemukulan gong, Kamis (3/10/2024).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S H., M.H. diwakili oleh Bendahara BPH PB PGRI sekaligus Pembina Program Pascasarjana Dr. Reva Maria Valianti, S.E., M.Pd., M.M, Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., diwakili oleh Wakil Rektor II Assoc Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M., Direktur Pascasarjana Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si, Asisten Direktur PPs Dr. Nur Ahyani, M.Pd , Kabag TU Dr. Darwin Efendi, M.Pd., Kabag Humas, Promosi dan Kerjasama Dr. Mulyadi, M.A., Kassubag Akademi Dr. Neta Dian Lestari, S.Pd., M.M., Ketua Gugus Penjamin Mutu Eni Heldayani, M.SC., Para Ketua Program Studi, Dosen, Staff/Pengelola dilingkungan Pascasarjana.serta para mahasiswa peserta pelatihan.

Acara ini menghadirkan 6 pemateri internal dari Universitas PGRI Palembang yaitu Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., Dr. Nur Ahyani, M.Pd yang dimoderatori oleh Dr. Ir. Hj. Tri Widayatsih, M.Pd., menyampaikan materi tentang “Plagiarisme dan Etika Penulisan Artikel Ilmiah” , Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si., Assoc. Prof. Dr. Hj. Nila Kesumawati, M.Si., di moderatori oleh Dr. Darwin Effendi, M.Pd., materi tentang “ Teknik dan Tahapan Penulisan Artikel” dan Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M., Assoc. Prof. Eddy Harapan, M.Pd., di moderatori oleh Eni Heldayani, M.Sc. menyampaikan materi “Tips dan Trik Dalam Publikasi Artikel Ilmiah”

Direktur Program Pascasarjana UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 182 mahasiswa yang terdiri dari 147 mahasiswa Manajemen Pendidikan (MP), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 16 mahasiswa dan Prodi Bahasa Indonesia sebanyak 19 mahasiswa.

Ia berpesan, mahasiswa harus mengikuti kegiatan ini secara seksama dan berinteraksi dengan narasumber dan juga meminta mahasiswa untuk dapat memanfaatkan pelatihan ini semaksimal mungkin dengan harapan pada bulan Maret 2025 mahasiswa sudah bisa Yudisium.

“Ada dua tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa yaitu Tesis dan pembuatan Artikel atau Karya Ilmiah. Bila semuanya sudah selesai maka semua mahasiswa akan bisa ikut yudisium,”ujarnya

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan membekali mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. “Kenapa harus dibekali karena memang salah satu persyaratan mahasiswa untuk lulus dan mengambil ijazah dan transkrip nantinya,”terangnya

Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., diwakili oleh Wakil Rektor II Assoc Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa dalam memenuhi kewajiban-kewajiban mereka dalam melakukan penulisan karya ilmiah sebagai syarat kelulusan nantinya. Mahasiswa tentu diwajibkan untuk melakukan publikasi sebelum menyelesaikan studinya”, ungkapnya.
Ia menegaskan, Mahasiswa S2 nantinya harus mempublikasikan tesis mereka dalam bentuk artikel ilmiah. Artikel ilmiah ini minimal sudah harus accepted atau publish dalam Jurnal terakreditasi. Bila sudah selesai maka mahasiswa berhak mendapatkan Ijazah dan transkrip,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S H., M.H. diwakili oleh Bendahara BPH PB PGRI sekaligus Pembina Program Pascasarjana Dr. Reva Maria Valianti, S.E., M.Pd., M.M. mengatakan, mahasiswa harus dapat mengikuti syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah maupun kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Perguruan Tinggi.
“Ini kegiatan wajib sehingga mahasiswa diharuskan mengikutinya dan kita dorong mahasiswa semuanya bisa lulus tepat waktu. Setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa harus bisa menyelesaikan tesisnya,”ucapnya.

Kalender

October 2024
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori Post