UPGRIP Ajak Mahasiswa FPK Lakukan Riset Tentang Ikan Belida

UPGRIP Ajak Mahasiswa FPK Lakukan Riset Tentang Ikan Belida

Palembang – Humas UPGRIP

Dalam rangka membekali pemahaman tentang penulisan skripsi dan tugas akhir, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan (S1) dan Program Studi Budidaya Ikan (D3) Tahun Akademik 2024/2025 dengan dibuka langsung oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR di Gedung Business and Science Center , Ruang 406, FPK UPGRIP, Kamis (19/9/2024).

Turut hadir Dekan FPK UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si, Wakil Dekan Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si, Ketua GPM Dr. Eng. Riya Liuhartana, M.Si, para Ketua Program Studi, para dosen di lingkungan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang serta tamu undangan lainya.

Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dalam sambutannya mengatakan kebijakan pembelajaran di Perguruan Tinggi khususnya di Universitas PGRI Palembang tidak ada dosen yang membuatkan skripsi dan tugas akhir mahasiswa. Akan tetapi dosen membimbing dan membantu mahasiswa untuk bisa menyelesaikan studi sesuai kemampuan dan batas waktu tanpa melebihinya.

Lebih lanjut dikatakannya Rektor, bahwa guna mengantisipasi agar tidak terjadinya plagiat dalam pembuatan tesis, skripsi dan tugas akhir mahasiswa, UPGRIP telah menyediakan aplikasi Turnitin. Aplikasi ini bisa mengetahui apakah ada plagiat atau tidak pada karya ilmiah mahasiswa tersebut.

“Kami berharap mahasiswa dapat meneliti topik yang sangat menarik yaitu penulisan skripsi mengenai ikan belida.
Karena Ikan belida, sebagai salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki potensi ekonomi tinggi, tidak hanya menarik untuk diteliti dari segi biologis, tetapi juga dari perspektif keberlanjutan dan pengelolaannya. Penelitian mengenai ikan belida dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan sektor perikanan di daerah kita,” ujarnya.

Rektor menjelaskan bahwa melalui skripsi yang bertemakan ikan belida, pihaknya berharap mahasiswa dapat menggali lebih dalam berbagai aspek, mulai dari biologi, habitat, hingga strategi budidaya yang ramah lingkungan. Penulisan skripsi bukan hanya merupakan syarat akademis, tetapi juga sebuah kontribusi nyata bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat,” urainya.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si dalam kesempatan tersebut mengatakan peserta pelatihan penulisan skripsi dan tugas akhir diikuti oleh mahasiswa Prodi Ilmu Perikanan sejumlah 14 Orang dan mahasiswa Prodi Budi Daya Ikan berjumlah 11 Orang, sehingga jumlah seluruh peserta adalah 25 Orang.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah penting dalam mendukung mahasiswa untuk menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu. Penulisan skripsi dan tugas akhir bukanlah sekadar tugas akademik, tetapi juga merupakan proses pembelajaran yang mendalam. Dalam tahap ini, mahasiswa diajak untuk menggali, menganalisis, dan menyajikan informasi secara sistematis. Melalui pelatihan ini, diharapkan mahasiswa dapat menguasai teknik dan metodologi yang diperlukan, serta memahami pentingnya riset dalam dunia akademik.

Ia juga mengingatkan bahwa proses ini tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada perjalanan yang dilalui. Oleh karena itu, manfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dan berdiskusi dengan para dosen serta sesama mahasiswa.

“Dengan harapan pelatihan ini dapat memberikan wawasan dan keterampilan yang bermanfaat. Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat menjadi langkah awal yang baik menuju kesuksesan dalam penulisan skripsi dan tugas akhir guna kelanjutan studi kalian,” terangnya.

Dan pada pelatihan ini beberapa materi pada pelatihan ini, untuk Program Studi Ilmu Perikanan membahas tentang Persyaratan dan Etika Tujuan dan Persyaratan Penulisan Skripsi oleh Rih Laksmi Utpalasari, M.P, Perumusan Masalah dan Latar Belakang oleh Sofian, S.Pi., M.Si, Landasan Teori/Tinjau Pustaka dan Penulisan Daftar Pustaka oleh Dr. Eng Riya Liuhartana, M.Si, Metodologi Penelitian dan Analisis Data oleh Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si dan Pembahasan Hasil Penelitian, Kesimpulan dan Saran oleh Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si.

Selanjutnya, untuk materi Program Studi Budi Daya Ikan meliputi Persyaratan, Tujuan dan Etika Penulisan Tugas Akhir oleh Santi Mayasari, M.Pd, Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat oleh Humairani, S.Pi., M.Si., Landasan Teori/Tinjau Pustaka oleh Humairani, S.Pi., M. Si, Metodologi Penelitian dan Analisis Data oleh Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si, Pembahasan Hasil Penelitian, Kesimpulan dan Saran oleh Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si dan Penulisan Daftar Pustaka oleh Lia Perwita Sari, S.P., M. Si.

Kalender

September 2024
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post