Dosen FKIP dan Saintek UPGRIP Raih Prestasi Hibah Nasional Kemdikbudristek 2024

Dosen FKIP dan Saintek UPGRIP Raih Prestasi Hibah Nasional Kemdikbudristek 2024

Palembang – Humas UPGRIP

Berbagai prestasi terus diraih oleh para Dosen Universitas PGRI Palembang (UPGRIP). Kali ini, Dosen UPGRIP berhasil meraih Hibah Nasional dari Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek pada Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat ruang lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Tahun 2024.

Tim PKM tersebut diketuai oleh Linda Lia, M.Pd. Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP dengan anggotanya yaitu Hj. Ida Suryani, S.Pd., M.Si. Dosen Prodi PGSD FKIP dan Rahmawati, M.Pd. Dosen Prodi Fisika Fakultas Saintek.

Kegiatan PKM ini mengusung tema Pembuatan Komik Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru SD. Mitra dalam kegiatan ini yaitu SDN 1 Banyuasin 1 dan KKG Kecamatan Banyuasin 1.

“Guru-guru SD tersebut dilatih membuat komik pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Sebelum membuat komik, guru membuat naskah cerita terlebih dahulu. Selanjutnya, guru membuat komik menggunakan bantuan aplikasi Pixton. Selain itu, dalam kegiatan PKM ini guru juga merancang Program Penguatan Literasi Untuk Siswa SD” ujar Linda Lia, M.Pd. selaku ketua PKM.

Ia menambahkan, kegiatan ini sudah dimulai dari bulan Agustus dan akan berakhir pada bulan Desember 2024. Beberapa rangkaian kegiatan telah dilaksanakan mulai dari Sosialisasi dan FGD di bulan Agustus 2024. Lalu, kegiatan pembukaan PKM telah dilaksanakan di SDN 1 Banyuasin 1 pada tanggal 6 September 2024 yang dihadiri oleh semua tim pelaksana PKM dan guru-guru SD.

Turut hadir juga pada kegiatan pembukaan tersebut yaitu Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd.,CiQnR kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang, Murjainah. M.Pd. Dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang, H. Filly Hardian, S.Pd.,M.M.,M.Pd. Koordinator Wilayah Disdikbud Kecamatan Banyuasin 1, Halim, S.Pd.,M.Pd. Kasubbag Korwil Disdikbud Kecamatan Banyuasin 1, M. Iqbal, S.Pd.,M.Pd. Pengawas SD, Desy Nuryani, S.Pd.SD Ketua KKG Kecamatan Banyuasin 1, Budi Rusdiono, S.Pd.,M.Pd. Kepala SDN 1 Banyuasin 1.

“Salah satu performa baik Perguruan Tinggi yaitu Dosen berhasil meraih prestasi Hibah Nasional” ujar Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd.,CiQnR selaku kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang dalam sambutannya.

Mitra menyambut baik kegiatan PKM ini, karena bermanfaat positif bagi peningkatan keterampilan guru dalam membuat komik yang terintegrasi dengan kearifan lokal menggunakan aplikasi Pixton.

Kegiatan PKM ini didukung penuh oleh Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.Rektor Universitas PGRI Palembang dan seluruh civitas akademika.

Kalender

September 2024
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post