Gelar Pelatihan Penulisan Tesis, Pascasarjana UPGRIP Dorong Riset Mahasiswa Berkualitas

Gelar Pelatihan Penulisan Tesis, Pascasarjana UPGRIP Dorong Riset Mahasiswa Berkualitas

Palembang – Humas UPGRIP

Guna mendorong hasil riset mahasiswa berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan, Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar
Pelatihan Penulisan Tesis di Aula Drs. H. Aidilfitri Syah Lantai 5, Gedung Business Science Center, Palembang, Kamis (12/9/2024).

Pelatihan ini menghadirkan delapan pemateri mulai dari Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si, Dr. Masagus Firdaus, M.Pd, Dr. Yessi Fitriani, M.Pd, Dr. Siti Rukiyah, M.Pd, Dr. Mulyadi, MA, Assoc. Prof. Dr. Tahrun, M.Pd, Dr. Ir. Hj. Widayatsih, M.Si dan Dr. Nur Ahyani, M.Pd.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si., dan dihadiri oleh, Direktur Program Pascasarjana UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si, para Kaprodi, dan para mahasiswa Pascasarjana UPGRIP.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si., menyampaikan bahwa setelah pelatihan ini, mahasiswa sudah harus mampu membuat kerangka penelitian, menguasai BAB I dan BAB II yang didukung dengan buku-buku dan jurnal terkini atau terbaru sebagai referensi atau daftar pustaka serta tidak lagi mengubah-ubah judul hingga riset nanti agar mahasiswa selesai tepat waktu hingga 18 bulan atau 3 (tiga) Semester.

“Silahkan, mahasiswa baca atau cari rujukan dari berbagai jurnal dan tesis dari mana saja sebagai acuan tapi bukan untuk dijiplak. Karena jika menjiplak, maka tesis mahasiswa akan dibatalkan karena akan terbaca oleh aplikasi turnitin yang dimiliki oleh Universitas PGRI Palembang,” tegasnya.

Pihaknya mendorong agar mahasiswa selesai tepat waktu sehingga diharapkan melalui momen Pelatihan Penulisan Tesis ini agar benar-benar dipahami dengan didukung oleh keaktifan bimbingan bersama Dosen Pembimbing nantinya serta memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki UPGRIP.

Untuk bimbingan mahasiswa tidak lagi harus tatap muka karena UPGRIP memiliki sistem IT terbaik di Sumatera yang dapat dipergunakan. Jika pun harus bimbingan tatap muka, pihak kampus sudah memfasilitasi dan tidak memperkenankan mahasiswa untuk bimbingan diluar kampus seperti di rumah Dosen atau di tempat lain.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si dalam laporannya dan sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap semester yang diikuti mahasiswa Program Pascasarjana UPGRIP semester II.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali mahasiswa dalam menyelesaikan tesis. Sedangkan targetnya adalah pada semester dua bisa menyelesaikan seminar proposal dan pada semester tiga bisa mampu menuntaskan seminar hasil.

“Kegiatan ini diikuti 141 mahasiswa dari tiga p
Program sStudi yaitu Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Manajemen Pendidikan,” jelasnya.

Proses Pelatihan Penulisan Tesis ini juga dilakukan secara blended learning yaitu secara offline dan online dengan memfasilitasi mahasiswa yang tidak bisa ikut secara offline.

Kalender

September 2024
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post