Membanggakan! Mahasiswa Fisika FST UPGRIP Lolos Seleksi Studi Independen di Bangkit Academy 2024

Membanggakan! Mahasiswa Fisika FST UPGRIP Lolos Seleksi Studi Independen di Bangkit Academy 2024

Palembang – Humas UPGRIP

Prestasi membanggakan diukir oleh para mahasiswa Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) baik dibidang akademik maupun non akademik. Kali ini, Edi Saputra, mahasiswa Program Studi Fisika semester VII Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UPGRIP berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Studi Independen di Bangkit Academy 2024.

“Program ini merupakan bagian dari Kampus Merdeka yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk mengembangkan talenta digital berskala global,” ujar Edi, Jumat (23/8/2024).

Lanjut Edi, bahwa untuk lolos seleksi dimulai dengan mendaftar melalui platform Kampus Merdeka, di mana ia harus melewati beberapa tahapan seleksi yang ketat. Tahap pertama adalah seleksi administrasi yang meliputi pengecekan kelengkapan berkas, termasuk nilai IPK, CV, sertifikat pengalaman organisasi, portofolio, serta prestasi yang relevan.

Setelah dinyatakan lolos administrasi, Edi menerima email undangan untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu tes kompetensi. Tes ini terdiri dari empat modul yang menguji berbagai aspek keterampilan dan pengetahuan.
Tes Teknis Bahasa Inggris (60 menit): Menguji kemampuan bahasa Inggris, pengetahuan teknikal pemrograman, cara membaca grafik, visualisasi data, HTML, CSS, dan lain-lain.

Tes Teknis Bahasa Indonesia (40 menit): Meliputi kemampuan penyelesaian masalah, pemikiran kritis, logika pemrograman, serta penalaran matematika. Tes Kepribadian (90 menit): Menggali sifat pribadi, konsistensi dalam belajar, tanggung jawab terhadap tugas, kerjasama tim, dan sikap profesional.
Tes Pengetahuan Cloud Computing (30 menit): Menguji pengetahuan tentang pemrograman awan, OOP, bahasa pemrograman JavaScript, serta kelayakan perangkat seperti laptop.

“Selama tes berlangsung, integritas dan kejujuran peserta diawasi melalui kamera yang aktif hingga tes berakhir. Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian tes, Saya menerima email pemberitahuan bahwa dirinya layak untuk mengikuti program Bangkit Academy,” urainya.

Dikatakannya, Bangkit Academy adalah program studi independen yang dirancang khusus oleh Google dan didukung oleh GoTo serta Traveloka. Program ini bertujuan untuk mencetak talenta digital yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini, khususnya dalam bidang kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI). Peserta akan dibimbing langsung oleh para ahli teknologi dari startup kelas dunia dan institusi ternama.

Keunggulan Bangkit Academy dibandingkan dengan program serupa seperti RevoU yang sudah pernah diikutinya juga di semester sebelumnya adalah fokusnya pada pembelajaran keterampilan berskala global. Di Bangkit Academy, peserta tidak hanya akan mendapatkan materi kecerdasan buatan seperti Introduction to AI, Generatif AI, dan Applied Machine Learning, tetapi juga bonus materi Cyber Security. Peserta juga akan dipersiapkan untuk mendapatkan sertifikasi global dari Google, yang sangat berharga dalam menunjang karier di industri.

“Selain pengembangan keterampilan teknis, Bangkit Academy juga menekankan pengembangan soft skills seperti Life Path, Growth Mindset, Power of Feedback, manajemen waktu dan energi, manajemen stres, adaptabilitas, pemikiran kritis, pemecahan masalah, manajemen proyek, personal branding, networking, dan komunikasi efektif,” jelasnya.

Dengan lolosnya Edi Saputra dalam program ini, diharapkan ia dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berkarier di industri teknologi berskala global, serta menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain di Universitas PGRI Palembang.

Kalender

August 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post