Dosen Pendidikan Geografi UPGRIP Ikuti Bimtek Kompetensi & Sertifikasi Berlisensi BNSP

Dosen Pendidikan Geografi UPGRIP Ikuti Bimtek Kompetensi & Sertifikasi Berlisensi BNSP

Palembang – Humas UPGRIP

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus berkomitmen meningkatkan kompetensi dan skill para Dosen dalam rangka menciptakan lulusan yang Unggul, Profesional dan Berkarakter.

Kali ini, dua orang Dosen Program Studi (Prodi) Geografi, FKIP UPGRIP Budi Utomo, M.Sc Pengampu Mata Kuliah Kartologi dan Dr. Sukmaniar pengampu Mata Kuliah Sistem Informasi Geografi (SIG) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Kompetensi dan Sertifikasi Bidang SIG berlisensi BNSP di KJ Hotel Yogyakarta, pada 13-15 Agustus 2024.

Budi Utomo, M.Sc mengatakan bahwa Pelatihan ini diikuti peserta dari Sumatera Barat, Palembang, Bangka Belitung, Semarang, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan dengan Pemateri di isi oleh Dwi Sulistijianto, S.Si dari Staf Ahli Kementerian KLHK dan Bappenas dengan Keahlian Bidang Sistem Informasi Geografi dan Penginderaan Jauh.

Pada tahap awal bimtek Persiapan Uji Kompetensi Skema Analisis Sistem Informasi Geografis hingga pembekalan materi dalam bentuk Bimtek yang dilaksanakan sebelum uji kompetensi dilakukan.

“Diharapkan setelah mengikuti Bimtek, Dosen akan lebih mengerti dan percaya diri serta mempersiapkan materi ujinya. Seluruh dosen yang memiliki kompetensi berbeda-beda sehingga bisa memberi bekal mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang memiliki kompetensi kemampuan praktisi geografi yang link dan match dengan dunia kerja,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini dunia kerja lebih mengutamakan tenaga terampil dengan berbagai kompetensi di bidang nya. Hal tersebut menuntut dosen memiliki kompetensi atau skill lebih agar dapat membekali mahasiswa dikelas bisa punya kemampuan lebih luas sehingga mengakses lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Sejumlah tahapan pelaksanaan kegiatan bimtek dilaksanakan secara luring. Di hari terakhir kegiatan dilakukan follow up materi selama kegiatan bimtek untuk mematangkan materi sehingga calon peserta uji diharapkan dapat lulus uji kompetensi dan mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Dan hasil dari Sertifikasi kompetensi diharapkan mampu memperkuat SDM Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang. Dosen yang kompeten maka jangka panjang lulusan yang profesional pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang menjadi lebih bermutu,” urainya.

Menurutnya, pelaksanaan Uji kompetensi dan Sertifikasi tenaga profesional di bidang informasi geospasial mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Informasi Geospasial, disingkat SKKNI-IG, yang ditetapkan berdasarkan UU No 4 Tahun 2011 tentang informasi geospasial pasal 55 yang menyebutkan bahwa penyelenggaraan informasi geospasial haruslah orang yang memiliki kompetensi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang.

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Profesi Geomatika yang diikuti ini merupakan sebuah kegiatan yang memberikan jawaban atas kompetensi yang harus dimiliki dan melatih menjadi tenaga profesional dan ahli di bidangnya sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI).

Kalender

August 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post