Pastikan Pembelajaran Tepat Sasaran, Prodi Pendidikan Matematika UPGRIP Re-design Kurikulum MBKM
Palembang – Humas UPGRIP
Guna memastikan pembelajaran tepat sasaran dan pelaksanaan kurikulum yang maksimal, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Kurikulum MBKM Program Studi Pendidikan Matematika di Aula 406 Lantai 4 Gedung BSC Universitas PGRI Palembang, Senin (12/8/2024).
Turut hadir dalam kegiatan ini pakar kurikulum Prof. Dr. Yusuf Hartono, M.A dari Universitas Sriwijaya, Kepala BPAAM Universitas PGRI Palembang, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FKIP, Ketua GPM FKIP, Ketua Program Studi di lingkungan FKIP, serta alumni dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang.
Kegiatan ini dilakukan secara luring diawali dengan pemaparan Kurikulum MBKM terlebih dahulu oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UPGRIP Allen Marga Retta, M.Pd kemudian dilanjutkan dengan pandangan dari pakar kurikulum, diskusi dan tanya jawab peserta FGD seputar kurikulum yang telah dipaparkan.
Kaprodi Pendidikan Matematika UPGRIP menyatakan bahwa kegiatan FGD finalisasi Kurikulum MBKM ini merupakan langkah strategis untuk menghasilkan kurikulum yang relevan, adaptif, dan berorientasi pada hasil yang bertujuan untuk memastikan semua komponen kurikulum sudah tersusun secara sistematis dan sesuai dengan tujuan pendidikan.
“Selain itu diharapkan dapat memastikan kurikulum memenuhi kriteria mutu akademik dan non-akademik serta
memastikan materi pembelajaran relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan dunia kerja,” harapnya
Sementara itu, Kepala BPAAM Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga melalui kegiatan ini diharapkan tersedianya Kurikulum MBKM Program Studi Pendidikan Matematika yang mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk merespon kebutuhan pasar kerja dan menyesuaikan dengan perkembangan era digitalisasi dalam menghadapi persaingan di dunia kerja di era digitalisasi.
“Dan tak kalah penting adalah dapat
mendorong terciptanya ekosistem pendidikan yang mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa dan meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja sesuai dengan Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP,” pungkasnya.