Terus Tingkatkan Inovasi Penelitian, Progress Kerjasama FPK dengan PRKSDLPD-BRIN, Cek Kematangan Gonad Ikan Belida dan Ikan Putak di Kolam Konservasi.

Terus Tingkatkan Inovasi Penelitian, Progress Kerjasama FPK dengan PRKSDLPD-BRIN, Cek Kematangan Gonad Ikan Belida dan Ikan Putak di Kolam Konservasi.

Palembang – Humas UPGRIP

Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus berkomitmen untuk mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan dan inovasi dibidang Perikanan dan Kelautan. Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen yang tinggi, FPK dan Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat (PRKSDLPD) – BRIN telah teken MoU, MoA dan IA.

FPK dan PRKSDLPD-BRIN pada tanggal 15-16 Juli 2024 lalu telah melakukan pengambilan sampel pada Ikan Belida dan Ikan Putak, yaitu pengukuran panjang dan berat, cek tingkat kematangan gonad, penyuntikan hormon, dan koleksi darah di WSPI FPK Kampus C UPGRIP. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dekan FPK UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si bersama Tim Dosen FPK UPGRIP yaitu Sujaka Nugraha, S.Pi, M.Si, Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si dan Yedi Wihardi, S.Pi, M.Si dan Mahasiswa FPK M. Al Muzzaka dan M. Ridho serta Tim Peneliti PRKSDLPP-BRIN yang diketuai oleh Dr. Boby Muslimin, S.St.Pi., M.M, Mirna Dwirastina, S.Pi., M.Pi dan Dewi Apriyanti, A.Md.

Dekan FPK UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai wujud nyata Implementation of Arrangement antara FPK dan PRKSDLPD-BRIN. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu progress riset Ikan Belida dan Ikan Putak yang telah dilakukan upaya konservasi selama kurang lebih 1 Tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Boby Muslimin mengatakan bahwa ikan yang dikonservasi saat ini di WSPI Kampus C UPGRIP adalah Ikan Putak, G1 Induk Ikan Belida, Indukan Ikan Belida yang berasal dari Sumatera Selatan dan Indukan Ikan Belida yang berasal dari Sungai Kampar Riau dan semua ikan dalam kondisi sehat.

Ikan Belida dan Ikan Putak yang dikonservasi, telah mendapatkan perlakuan tertentu dan akan terus diamati perkembangan dan tingkah lakunya secara intensif oleh peneliti dari FPK dan PRKSDLPD-BRIN. Kegiatan terus berlanjut dengan tahapan-tahapan selanjutnya,” pungkasnya.

Kalender

August 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post