Alumni Fisika FST UPGRIP Lakukan Sharing Session: Peluang dan Tantangan Studi S2

Alumni Fisika FST UPGRIP Lakukan Sharing Session: Peluang dan Tantangan Studi S2

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menggali berbagai pengalaman dan wawasan alumni serta menangkap peluang dan tantangan pasca lulus Sarjana, Himpunan Mahasiswa Prodi Studi (HMPS) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengadakan acara sharing session dengan tema “Jelajah Karier: Peluang dan Tantangan Melanjutkan Studi S2”.

Acara yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom pada hari Senin, 29 Juli 2024, pukul 09.00 WIB ini menghadirkan dua alumni Prodi Fisika yang sedang melanjutkan studi S2, yaitu Rudy Setiawan, S.Si., Angkatan 2018 (Sedang S2 di Magister Fisika FMIPA UNSRI), dan Muhammad Rusly, Angkatan 2019 (Sedang S2 di Manajemen Pendidikan Pascasarjana UPGRIP).

Rudy Setiawan membagikan pengalaman mengenai “Proses dan Persiapan Melanjutkan Studi S2”, sedangkan Muhammad Rusly memaparkan tentang “Tantangan dalam Menempuh Studi S2”.

Dalam paparannya, Rudy menyampaikan bahwa melanjutkan Studi S2 merupakan pilihan yang strategis bagi alumni yang ingin meningkatkan kualifikasi, membuka peluang karier yang lebih luas, dan mengembangkan diri. Namun, keputusan tersebut harus dipertimbangkan dengan matang, dengan mempertimbangkan peluang dan tantangan yang dihadapi. Alumni perlu menentukan tujuan karier yang ingin dicapai, memilih Program Studi yang relevan, dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi persaingan yang ketat.

Muhammad Rusly menambahkan bahwa Studi S2 memerlukan pertimbangan matang, terutama terkait biaya pendidikan, waktu dan komitmen, persaingan yang ketat, adaptasi dengan lingkungan akademik, dan pilihan karier setelah S2. Ia juga menekankan pentingnya riset dan konsultasi dengan alumni yang telah menyelesaikan Studi S2 untuk mendapatkan informasi dan pengalaman yang lebih mendalam. Selain itu, memanfaatkan jaringan profesional yang dibangun selama studi S2 juga sangat dianjurkan untuk mencari peluang karier.

Ketua panitia, Suci Rahma Dwi Yanti (Angkatan 2022), mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh tim panitia dan apresiasi kepada semua peserta yang hadir. Sambutan penuh semangat juga disampaikan oleh Ketua HMPS, Reza Ramadani, yang menekankan pentingnya acara ini bagi mahasiswa.

Ketua Prodi Fisika, Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya sharing session ini adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa Prodi Fisika yang ingin melanjutkan Studi S2 setelah menyelesaikan kuliah S1 mereka. Beliau juga berharap acara ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang persiapan dan tantangan yang akan dihadapi.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada HMPS Fisika yang telah sukses menyelenggarakan acara ini.

“Semoga kepada semua peserta untuk mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari kegiatan ini serta terus meningkatkan kemampuan baik hard skill maupun soft skill, sambil tetap menjaga sikap yang santun dan rendah hati,” harapnya.

Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Prodi Fisika, sebagian mahasiswa dari Prodi Biologi dan Sains Lingkungan, serta dosen-dosen Prodi Fisika seperti Rita Sulistyowati, M.Si., Parmin Lumban Toruan, S.Si., M.T., Atina, M.Si., dan Rahmawati, M.Pd. Selain itu, turut hadir Kaprodi Biologi, Dian Mutiara, M.Si., dan Kaprodi Sains Lingkungan, Yunita Panca Putri, M.Si.

Acara berlangsung dengan sukses dan interaktif, ditandai dengan sesi tanya jawab yang antusias antara peserta dan pemateri. Melalui sharing session ini, diharapkan para mahasiswa Prodi Fisika mendapatkan wawasan dan motivasi yang lebih kuat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Susunan Panita Sharing Session dengan Alumni:
Ketua Pelaksana : Suci Rahma Dwiyanti, Sekretaris Pelaksana : Dita Amelia, Bendahara : Tantriana, Humas : Reza Ramadhani, Dokumentasi : Imel Liana, Dirigen : Tantriana, Doa : Edi Saputra,
MC : Rantika dan Moderator : Destia Karunia

Kalender

August 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post