FPK UPGRIP dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Palembang Gelar Penebaran Benih Ikan Lele dan Aquaponik

FPK UPGRIP dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Palembang Gelar Penebaran Benih Ikan Lele dan Aquaponik

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele dan Aquaponik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lapas Kelas 1 Palembang.

Kegiatan yang dipimpin oleh Dekan FPK UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M,Si dan bersama Tim FPK yang merupakan Dosen dan Pakar Bidang Perikanan yaitu Sofian, S.Pi., M.Si, Rahma Mulyani, S.Pi.,M.Si, Humairani, S.Pi., M.Si., dan Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si ini diikuti oleh sekitar 20 warga binaan.

“Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan bekal, pengalaman dan motivasi bagi warga binaan untuk bisa terus bermanfaat bagi orang banyak terutama dalam membudidayakan ikan lele dan aquaponik meskipun terbatas oleh tempat dan waktu serta diharapkan diakhir kegiatan ini akan dilakukan panen raya oleh Warga Binaan Kelas 1 Palembang,” ujar Dekan FPK UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si.

Dikatakannya, kegiatan yang berlangsung terhitung mulai bulan Mei hingga Juli 2024 berjalan dengan baik dan lancar, antusiasme dari warga binaan dalam kegiatan tersebut terlihat jelas, mereka menerima dan bersemangat dalam rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh tim FPK.

Kegiatan yang diawali dengan penyampaian materi dan pemahaman, kemudian langsung diterapkan dalam bentuk praktikum lapangan di kolam pembesaran yang telah di design dan dibuat sedemikian rupa oleh warga binaan dengan instruksi langsung oleh pakar perikanan dari FPK.

“Warga Binaan Kelas 1 Palembang berinteraksi langsung dengan dosen dan pakar Perikanan dari FPK, mereka sangat berminat untuk melanjutkan dan menerapkan ilmu yang mereka dapat setelah mereka menjalani kewajiban mereka di Lapas Kelas 1 Palembang,” terangnya.

Kolam Pembesar dengan system Intensif dan Akuaponik

Benih ikan lele sebanyak 30000 benih ditebar di kolam pembesaran Lapas Kelas 1 Palembang. Penebaran benih ikan lele dengan sistem intensif dan akuaponik dilakukan langsung oleh Ketua Pelaksana Pelatihan yaitu Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si. dan Kepala Lapas Kelas 1 Palembang, Warga Binaan Kelas 1 Palembang dan Tim FPK yang menjadi instruktur dalam pelatihan tersebut. Setelah kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan, diharapkan luaran berupa panen raya yang dilakukan oleh warga Binaan Kelas 1 Palembang.

Pada kegiatan pelatihan warga binaan Kelas 1 Palembang telah dibekali dengan teori tentang Budi Daya Ikan Lele dan Pengantar Budi Daya Ikan, dilanjutkan dengan Teknologi Pembesaran Ikan Lele dengan system Intensif dan Aquaponik. Pada tahap Praktikum diawali dengan persiapan wadah dan penyemaian sayur, Pembesaran Ikan Lele dengan Probiotik, Persiapan media Budi Daya Ikan, Pengelolaan kualitas Air Budi Daya ikan, Pengelolaan Pembesaran dan Pemberian Pakan, Pengukuran kualitas air dan penebaran benih, Persiapan pakan dengan probiotik, Persiapan Budi Daya ikan dengan system Aquaponik, Pengelolaan Kesehatan Ikan dan yang terakhir Sampling (Sortir, grading) dan dilanjutkan dengan panen raya.

Kalender

July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori Post