Jadi Program Studi Hukum Bisnis Pertama di Sumsel, Fakultas Hukum UPGRIP Grand Launching Prodi

Jadi Program Studi Hukum Bisnis Pertama di Sumsel, Fakultas Hukum UPGRIP Grand Launching Prodi

Palembang – Humas UPGRIP

Dibawah Kepemimpinan Rektor Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si. Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus melakukan terobosan dalam menjadi kampus yang unggul, berdaya saing dan berkarakter.

Bahkan, kampus dengan motto “Melaju Dengan Mutu” kali ini melakukan lompatan dengan melakukan Grand Launching Program Studi (Prodi) Hukum Bisnis Fakultas Hukum di Aula H. Aidil Fitri Syah, Lantai 5., Gedung BSC, UPGRIP, Senin (22/7/2024).

Menariknya, Fakultas Hukum UPGRIP yang baru saja di Grand Launching oleh Ketua Provinsi PGRI Sumsel Dr. H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M
ini menjadi Progam Studi Hukum Bisnis Fakultas Hukum pertama yang ada di Sumatera Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini
Ketua Provinsi PGRI Sumsel Dr. H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M, Ketua BPH-PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, SH., M.H, dan jajaran.
Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor 3 Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd, Dekan Fakultas Hukum Unsri Prof. Dr. Febrian, SH., MS, Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sumsel, Ombudsmann., Perwakilan BANI Sumsel, Kodim 0418 Palembang, perwakilan Dekan Fakultas Hukum Univ Palembang, Dekan Fakultas Hukum Taman Siswa, Perwakilan Dekan Fakultas Hukum Kader Bangsa, Perwakilan Stihpada, para Dekan, para Kaprodi dilingkungan Universitas PGRI Palembang, serta para tamu undangan.

Ketua Panitia Grand Launching Fakultas Hukum UPGRIP Layang Sardana, S.H., M.H. melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada masyarakat Kota Palembang tentang keberadaan Prodi Hukum Bisnis Fakultas Hukum di UPGRIP. Diharapkan Program Studi Fakultas Hukum UPGRIP menjadi Progam Studi yang unggul, berdaya saing dan berkarakter dalam pengembangan hukum, IPTEK dan seni sebagaimana visi UPGRIP.

“Sasaran kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam memberikan pemahaman aspek hukum bisnis dan regulasi tentang hukum bisnis yang profesional berbasis penelitian,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Plt. Dekan Fakultas Hukum UPGRIP Dr. Ramanata Disurya, S.H., M.H mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir termasuk kepada para organisasi hukum. Apalagi selain Grand Launching Fakultas Hukum, kegiatan ini juga dibarengi dengan Penandatanganan MoU Antara Peradi DPC Kota Palembang, Pengwil IPPAT Sumsel, Pengwil INI Sumsel dan UPGRP dan MoA antara Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dan Fakultas Hukum UPGRIP serta Dialog Hukum Tentang Artificial Intellegence (IA) Dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dengan Pembicara Prof. Dr. Febrian, S.H., M.S. Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya.

“Semoga nantinya kepada semua stakeholder dan organisasi hukum yang ada kita dapat bersinergi dalam membangun dalam membentuk generasi hukum yang profesional,” terangnya.

Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor 3 Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd mengucap syukur atas Grand Launching Fakultas Hukum dibukanya di UPGRIP.

Pihaknya berharap melalui Grand Launching dengan dibarengi dengan dialog bersama para stakeholder ini bisa memperkaya wawasan tentang perkembangan Ilmu Hukum dan Bisnis yang ada di Indonesia.

“Fakultas Hukum saat ini adalah hal yang sangat wajib untuk didirikan di sebuah Universitas karena persoalan perundangan-undangan yang berkaitan dengan hukum tidak bisa diselesaikan dengan mudah, butuh ilmu pengetahuan tentang hukum yang dilakukan,” harapnya.

Ketua BPH-PB UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, SH., M.H menyampaikan bahwa Fakultas Hukum UPGRIP sudah resmi mendapat izin dari kementerian sejak Februari 2024. Sehingga saat ini UPGRIP telah memiliki 6 Fakultas dengan total 33 Program Studi.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada UPGRIP dan Dekan Fakultas Hukum serta jajaran yang saat ini baru saja dibuka dan sudah memiliki 38 mahasiswa baru pada tahun ajaran baru 2024-2025.

“Kami berharap Fakultas Hukum UPGRIP ini tak hanya dalam pengembangan kurikulum, tapi juga dapat memberikan edukasi hukum dan membantu Pemerintah dalam menyediakan SDM calon penegak hukum,” harapnya.

Ketua PGRI Provinsi Sumsel Dr. H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa Fakultas Hukum ini merupakan salah satu cita-cita luhur UPGRIP bersama BPH-PB PGRI pada UPGRIP serta Pengurus PGRI Sumsel. Pihaknya berharap Fakultas Hukum ini menjadi Fakultas Unggul sebagaimana Fakultas-Fakultas yang ada di UPGRIP.

“Kami juga terus mendorong agar Sarana dan Prasarana di UPGRIP lengkap serta para SDM Dosen yang kita dukung menyelesaikan pendidikan S-3 nya. Mohon doanya semoga dalam waktu dekat kita akan melaunching Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK),” tuturnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unsri sekaligus sebagai Pembicara Prof. Dr. Febrian, SH., MS mengucapkan selamat atas dibukanya Fakultas Hukum di UPGRIP. Ini menjadi warna baru bagi Perguruan Tinggi dalam mencetak para calon penegak hukum dalam era bisnis yang terus berkembang.
Menurutnya, UPGRIP perlu memiliki legal education standard tersendiri dalam proses perkuliahan. Begitu juga kualifikasi dosen yang nantinya akan melakukan transfer knowledge bagi para mahasiswa.

“Dan terpenting adalah, perkembangan bisnis yang kini terus berinovasi ke internet, menuntut agar Artificial Intellegence harus menjadi mata kuliah,” pungkasnya

Kalender

July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori Post