Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Sejarah dan Seni Pertunjukan UPGRIP bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Musik UNILA Laksanakan PkM

Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Sejarah dan Seni Pertunjukan UPGRIP bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Musik UNILA Laksanakan PkM

Palembang – Humas UPGRIP

Dalam rangka menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah dan Program Studi Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus berinovasi dalam pengembangan program studi, salah satunya dengan melaksanakan giat Pengabdian pada Masyarakat di Kota Bandar Lampung.

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dosen dan mahasiswa ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa FKIP UPGRIP dalam upaya mensosialisasikan hasil penelitian dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Program Studi Seni Musik FKIP UNILA dan Rafles budayawan Provinsi Lampung.

Kegiatan diikuti oleh 35 orang seniman musik dan peminat serta penggiat kebudayaan kota Bandar Lampung dilaksanakan di Aula Serbaguna Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Bandar Lampung yang terletak di Komplek PKOR, Kedaton, Kecamatan Way Halim, Kota Bandar Lampung.

Pada kegiatan ini Dr. Muhamad Idris, M.Pd., A. Heryanto, M.Sn., Kabib Sholeh, M.Hum menyampaikan materi Sejarah Kebudayaan Sumatera Selatan dan Musik Tari Penguton Morgesiwe Kota Kayuagung, dosen Program Studi Pendidikan Seni Musik FKIP UNILA menyampaikan materi Gamolan Lampung. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UPGRIP Richard Saputra dan Arghani Abdul Faqih pada kesempatan ini menyampaikan materi hasil penelitiannya tentang sejarah budaya Islam di Palembang dan sejarah dan budaya rumah adat suku Ogan Sumatera Selatan.

Kegiatan ini berhasil mengkomunikasikan hasil penelitian dosen dan mahasiswa sebagai bahan berkarya seniman dan budayawan di Kota Bandar Lampung, karena Sumatera bagian Selatan adalah tempat lingkungan hidup orang Melayu Sumatera Selatan ujar Dr. Muhamad Idris, M.Pd. yang merupakan salah satu narasumber kegiatan tersebut. Richard Saputra, Arghani Abdul Faqih dan Wendy merasa sangat beruntung dapat mengenalkan hasil penelitiannya di tingkat nasional,

“Hal ini juga merupakan bagian dari upaya mempromosikan Universitas PGRI Palembang kepada masyarakat luas di tingkat nasional,” ujar Ricard Saputra.

Ia menambahkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini juga disertai dengan penampilan karya seni lukis, sketsa dan musik oleh peserta kegiatan PkM. Respon masyarakat sangat antusias karena informasi yang disampaikan oleh pemateri dapat menambah wawasan budaya para pelaku seni.

“Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini ditutup dengan tampilan Kuntau Semende Lampung oleh Rafles Semende yang merupakan budayawan terkemuka provinsi Lampung,” jelas Dr. Muhamad Idris, M.Pd.

Kalender

July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori Post