Dosen Magister Manajemen Pendidikan Gelar PkM dan Sosialisasi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan

Dosen Magister Manajemen Pendidikan Gelar PkM dan Sosialisasi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

PkM yang diketuai oleh Dr. Nur Ahyani, M.Pd., CIQnR yang beranggotakan 5 orang yakni Dr. Happy Fitria, M.Pd, CIQnR, Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR, Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M., CIQaR., Dr. H. Syarwani Ahmad, M.M., dan Dr. Heri Setio Nugroho, M.Ap., dan di bantu oleh mahasiswa yakni Adi Ardiansyah laksanakan PkM bagi guru di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan dengan mengusung tema “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)”

Menurut Ketua PkM Dr. Nur Ahyani, M.Pd., CIQnR pelaksanaan PkM ini merupakan salah satu pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pelatihan penelitian tindakan kelas pada guru-guru di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode pelatihan yang digunakan adalah tutorial, lecturing, Evidence Based Learning.

“Diharapkan peserta pelatihan dapat memahami tentang penelitian tindakan kelas, peserta pelatihan dapat melaksanakan PTK dengan benar, dan dapat menulis hasil PTK dan mempublikasikannya,” ujarnya.

Selain itu, guru dapat memahami dan merealisasikan/mengimplementasi ilmu yang mereka dapat yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan mereka merealisasikan, maka akan terbentuknya budaya meneliti dikalangan guru SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

Dihadapan seluruh peserta para guru SMA Negeri 1 Indralaya Selatan tim PkM memaparkan berbagai macam materi tentang penelitian tindakan kelas diantaranya Dr. Nur Ahyani, M.Pd, CIQnR memaparkan materi tentang pengertian penelitian tindakan kelas (PTK) , Dr. Happy Fitria, M.Pd, CIQnR memaparkan tentang latar belakang, Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR tentang landasan teori sedangkan Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, M.M. CIQaR tentang metodologi penelitian, Dr. Syarwani Ahmad, M.M tentang hasil penelitian dan pembahasan, dan Dr. Heri Setio Nugroho, M.Ap. membahas tentang kesimpulan dan saran serta daftar pustaka.

Selain PkM juga dilakukan sosialisasi tentang keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Universitas PGRI merupakan Cyber University, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan pembangunan.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan bebas uang martikulasi.

Sementara Zul Iskandar, S. Pd Kepala SMA Negeri 1 Indralaya Selatan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tim Dosen Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana UPGRIP yang telah berbagai ilmu dan wawasan kepada para guru.

“Semoga melalui kegiatan ini, guru dapat memahami dan mengimplementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi para siswanya dan menumbuhkan rasa percaya diri yang apabila terus dikembangkan akan meningkatkan kemampuan di masyarakat,” pungkasnya.

Kalender

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post